Kompas.com - 15/09/2022, 13:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kampas kopling pada mobil manual, bertugasnya menyalurkan tenaga mesin. Karena itu, jika sudah tipis dampaknya berimbas pada performa. 

Akselerasi mesin jadi turun signifikan, bahkan sampai membuat mobil mogok. Walau tidak sadar, salah satu kerugian yang dialami pemilik mobil yakni konsumsi BBM harian tambah boros. 

Menurut Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana, kampas kopling tipis memiliki efek samping pada akselerasi mobil jadi tertahan. Matahari clutch dan kampas kopling slip lantaran grip di plat kopling menipis 

"Bukan tenaga yang dihasilkan mesin, tapi hambatan di dalam transmisi. Untuk mengeluarkan tenaga, mesin harus bekerja keras," ucap Andika kepada Kompas.com, Kamis (15/9/2022). 

Baca juga: Jangan Lupakan 5 Hal ini Bila Mobil Tak Mau Boros BBM

Kopling slip, mesin berputar lebih cepat dari biasanya. Meski demikian, tak diimbangi tenaga sesuai akselerasi injakan pedal gas. 

"Misalnya, biasa lari 60 kilometer per jam rpm 2.500, sekarang jadi 3.000 rpm," kata dia. 

Sejumlah kendaraan antre di Jalur Selatan Tanjakan Lingkar Gentong Bawah, Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pada H+3 Lebaran, arus lalu lintas menuju Bandung dan Jakarta terpantau padat merayap serta terjadi antrean kendaraan sepanjang 12 kilometer dari Rajapolah hingga Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya.ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI Sejumlah kendaraan antre di Jalur Selatan Tanjakan Lingkar Gentong Bawah, Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pada H+3 Lebaran, arus lalu lintas menuju Bandung dan Jakarta terpantau padat merayap serta terjadi antrean kendaraan sepanjang 12 kilometer dari Rajapolah hingga Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya.

Dengan tenaga yang jauh berkurang, sangat berbahaya bila digunakan menyalip. Terlebih, bila melewati tanjakan curam. 

Tak hanya itu, nekat berkendara dengan kondisi kampas kopling tipis, komponen kopling transmisi manual bisa ikut rusak. 

Seperti, cover clutch, matahari kopling, dan fly wheel alias roda gila. Biaya perbaikan yang seharusnya bisa dipangkas, akhirnya terpaksa ganti satu set kopling bersamaan. 

Baca juga: Urutan Gigi dan Rem Tangan yang Benar Saat Parkir Mobil Transmisi Matik

"Kalau cuma kampas kopling saja kan paling Rp 800.000 - Rp 1 juta untuk mobil jenis MPV," ucapnya. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.