Kompas.com - 12/09/2022, 17:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), berimbas pada pengguna kendaraan, termasuk pemilik mobil lantaran terkait biaya operasional harian.

Karena itu, berbagai macam cara dilakukan untuk mencegah dana membeli BBM tak membengkak. 

Dengan mengemudi secara eco driving, ditunjang perawatan rutin yang terjadwal, pemilik mobil berharap konsumsi BBM harian bisa dihemat.

Tak terkecuali, mobil matik yang secara populasi saat ini berkembang. Namun tak sedikit yang mengangap mobil transmisi otomatis secara konsumsi BBM lebih boros.

Benarkah demikian? sebelumnya telah dijelaskan, pada dasarnya semua tergantung dari sisi perawatan kendaraan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni ; 

Baca juga: Apakah Octane Booster Efektif Bikin Mobil Irit BBM?

  • Oktan BBM 

Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat. DOK. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO. Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat.
Salah satu kunci perawatan mobil modern saat ini terletak pada nilai oktan BBM yang digunakan.

Dengan standar emisi gas buang yang rendah, mobil sekarang rata-rata sudah dibekali mesin kompresi 10:1 keatas.  Jelas, bila ingin awet harus menggunakan BBM kualitas tinggi, minimal RON 92. 

Menurut Kepala Bengkel Toyota Gombel Semarang Mohammad Syafruddin, pembakaran mesin bisa seimbang dengan perhitungan kompresi, sebab BBM oktan tinggi menjaga timming pengapian mesin tetap normal. 

"Mesin mobil ngelitik dan tenaga ngempos dalangnya BBM kualitas rendah. Spesifikasi mengharuskan pengapian di dukung BBM oktan tinggi. Timming otomatis menyesuaikan jeda waktu pembakaran, bisa maju atau mundur akibat sisa endapan bahan bakar di ruang bakar," ucap Syafruddin, kepada Kompas.com, belum lama ini. 

  • Filter

Boks filter udara Toyota AvanzaDok. YouTube Andiazuno Boks filter udara Toyota Avanza
Berikutnya, filter udara dan filter bahan bakar berperan penting menjaga komposisi BBM dan udara mesin seimbang. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.