Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan Gigi dan Rem Tangan yang Benar Saat Parkir Mobil Transmisi Matik

Kompas.com - 07/09/2022, 19:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terkesan sepele sebetulnya ada yang perlu diperhatikan saat memarkir mobil transmisi otomatik. Khususnya urutan antara pengoperasian tuas transmisi dan rem tangan.

Eko Setiawan, pemilik Everest Motor Spesialis Nissan & Datsun, mengatakan, dengan memperhatikan tuas transmisi begitu juga rem tangan dapat mengurangi risiko kerusakan pada transmisi matik.

Baca juga: Impresi Geber Hyundai Stargazer Malang-Solo

Tombol release button mobil matik untuk fitur keamananDicky Aditya Wijaya Tombol release button mobil matik untuk fitur keamanan

“Pastikan mobil sudah berhenti sempurna, jangan memindahkan tuas transmisi ke P sebelum menarik rem tangan secara penuh, jika rem tangan sudah ditarik penuh baru tuas transmisi bisa dipindahkan ke P,” ucap Eko kepada Kompas.com, belum lama ini.

Eko mengatakan pemindahan tuas transmisi ke P sebelum rem tangan ditarik dapat membuat parking pawl nyangkut. Hal itu yang membuat perpindahan tuas dari P ke R menjadi keras saat ingin pindah dari tempat parkir.

Saat mobil matik posisinya P maka mobil masih bisa maju dan mundur sedikit. Saat mentok maju atau mundur tersebut, itu lah batas parking pawl tegang. Jadi, saat mentok lalu rem tangan ditarik maka itu artinya mobil terparkir dalam keadaan parking pawl tegang.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Saat Parkir Mobil Posisi Ban Depan Harus Lurus?

Ilustrasi parkir mobil di apartemen atau gedungunsplash/michaelfousert Ilustrasi parkir mobil di apartemen atau gedung

Sehingga saat mau jalan setelah parkir, perpindahan tuas transmisi dari P ke R menjadi berat atau nyangkut. Terlebih lagi kendaraan terparkir di tempat miring, maka akan semakin membuat parking pawl tegang karena beban kendaraan.

Kondisi ini kata Eko, bisa membuat komponen transmisi rusak, karena ada unsur pemaksaan saat memindahkan tuas transmisi.

Karena itu Eko menyarankan untuk menarik rem tangan terlebih dulu sebelum memindahkan tuas transmisi ke P. Harapannya, agar parking pawl tidak menegang karena mobil belum berhenti dengan sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com