Kompas.com - 14/09/2022, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tilang elektronik alias electronic traffic law enforcement (ETLE) sudah mulai diberlakukan di sejumlah wilayah di Indonesia. Untuk ETLE Mobile, saat ini sedang dilakukan uji coba di Surabaya.

ETLE mobile gadget dilakukan dengan menggunakan telepon genggam atau gadget. Tilang elektronik ini akan dilakukan di jalan-jalan umum.

Baca juga: Ditlantas Polda Sumut Memberlakukan ETLE Mobile Awal Agustus

"Peraturan lalu lintas itu berlaku di jalan umum. Jalan umum itu yang dilintasi masyarakat secara umum, bukan kawasan. Kayak perumahan itu kawasan. Jadi jalan perlintas secara umum, daerah-daerah yang menjadi pengawasan kita, seperti jalan protokol, kemudian jalan-jalan arteri, penyokong Kota Surabaya," ucap Kasat Lantas Polrestabes Surabaya Kompol Arif Fazlurrahman dikutip oleh korlantaspolri.go.id, Selasa (13/9/2022).

Beberapa pelanggaran yang akan dicatat oleh pihak kepolisian di antaranya adalah pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan mobil yang parkir di badan jalan.

Berbeda dengan ETLE statis, ETLE mobile sifatnya dinamis karena bergerak mengikuti arah patroli pihak kepolisian yang bertugas.

Baca juga: Alasan Honda Pilih Motor Listrik ketimbang Teknologi Hidrogen

Selama sosialisasi yang berlangsung sepekan, pelanggar tidak akan ditilang, namun diberikan sosialisasi.

"Tidak ada target, kami tidak menargetkan pelanggar. Malahan kami harapkan tidak ada pelanggaran. Semakin tidak ada pelanggaran, semakin bagus. Ketika kami berpatroli tidak ditemukan pelanggaran, kami berhasil mewujudkan tingkat kesadaran, ketaatan berlalu lintas bagi warga Kota Surabaya," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.