Kompas.com - 14/09/2022, 16:12 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - AC mobil bisa mengalami kendala yang beragam. Salah satunya begitu kendaraan melaju kemampuan AC menurun dalam menyejukkan kabin.

Kondisi ini biasanya akan mulai terasa ketika mobil melaju cukup lama pada kecepatan tertentu. Ditandai dengan menurunnya kekencangan embusan angin di ventilasi AC.

Ketika kekencangan embusan angin dari blower menurun, secara otomatis udara yang bersirkulasi di dalam kabin menjadi kurang sejuk. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi?

Baca juga: Manfaat Servis AC Mobil Secara Berkala

Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerjaErwin Setiawan Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerja

Pemilik Lison AC Muhlison, mengatakan performa AC menurun ketika mobil melaju bisa dipengaruhi banyak hal, salah satunya bisa disebabkan karena AC membeku.

“Ketika mobil melaju, seharusnya kerja kompresor maksimal, sehingga logikanya jika mesin stasioner saja AC dingin, maka ketika putaran tinggi akan semakin dingin, jika sensor suhu di evaporator disetel terlalu dingin, maka kemungkinan evaporator membeku,” ucap Muhlison kepada Kompas.com, Rabu (14/9/2022).

Dia mengatakan beberapa mobil menggunakan sensor suhu yang dapat disetel, sebagai pengganti sensor suhu yang sudah rusak.

Baca juga: Ini Alasan Komponen AC Mobil Modern Sekali Rusak Harus Ganti

Kotoran lendir menutupi celah kisi-kisi evaporator AC mobil. Kompas.com Kotoran lendir menutupi celah kisi-kisi evaporator AC mobil.

“Jika sensornya masih bawaan pabrik, yang tidak bisa disetel solusinya perlu mengganti sensornya, jika sudah gantian ya cukup dimainkan setelan sensornya saja,” ucap Muhlison.

Dia mengatakan ketika evaporator membeku maka embusan angin tidak akan mampu menembus evaporator, alhasil embusan AC mengecil dan udara di kabin terasa kurang sejuk,” ucap Muhlison.

Dia juga menjelaskan seharusnya ketika evaporator terlalu dingin, maka sensor melaporkan ke ECU untuk memutus perintah kerja kompresor sehingga AC kembali optimal.

Baca juga: Berapa Suhu AC Mobil yang Ideal supaya Hemat Bahan Bakar?

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

"Jika memang benar AC membeku, selang low akan tampak putih seperti es, itu dapat dijadikan tanda," ucap Muhlison.

Jadi, salah satu penyebab AC kurang dingin ketika mobil melaju adalah rusaknya atau setelan suhu di evaporator yang tidak pas yang menyebabkan pembekuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.