Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Bus Karyawan Baru Milik Kideco, Pakai Bodi Single Glass

Kompas.com - 13/09/2022, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kideco, perusahaan tambang yang berada di Kalimantan baru saja mengambil bus baru dari Karoseri Laksana, Senin (12/9/2022).

Bus untuk karyawan Kideco tersebut menggunakan bodi Legacy SR2 Single Glass. Ada sembilan unit bus yang keluar dan semuanya memakai sasis Mercedes Benz OH 1526.

Sales Karoseri Laksana Danang Maulana menjelaskan, untuk bus milik Kideco ini punya spesifikasi yang cukup standar, namun punya kapasitas penumpang relatif lebih besar dari umum.

Baca juga: Kecelakaan Bus di Wonosobo, Pengamat Soroti Uji KIR

Kabin bus karyawan KidecoDOK. LAKSANABUS Kabin bus karyawan Kideco

"Pakai jok dua kiri tiga kanan (2-3) total 59 seat, sedangkan audionya standar dan ada dua APAR berukuran 6 Kg, standar tambang," ucap Danang kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Secara tampilan luar, nampaknya bus karyawan ini bukan untuk di area dalam tambang. Mengingat desainnya cukup mirip dengan bus jalan raya, tanpa lampu sirine dan bodinya dikelir cukup berwarna.

Padahal, umumnya bus tambang punya warna putih saja. Sedangkan unit Kideco, ada livery batik di bagian depan dan di belakang ada variasi berwarna hijau dengan pohon-pohon.

Baca juga: Makin Mahal, Ini Pilihan MPV Murah di Bawah Rp 250 Juta


Kemudian di bagian kabinnya, pelapis lantai yang digunakan bus karyawan Kideco cukup standar. Sedangkan bus yang berada di area tambang biasanya memakai model stainless steel agar awet dan mudah dirawat.

Untuk tampilannya, Kideco memang memesan unitnya dengan model bus yang lama. Kalau dilihat, ini adalah Legacy SR2 Single Glass yang mirip dengan rilisan pertama kali di 2016, namun memakai model fog lamp yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com