9 Bus Karyawan Baru Milik Kideco, Pakai Bodi Single Glass

Kompas.com - 13/09/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kideco, perusahaan tambang yang berada di Kalimantan baru saja mengambil bus baru dari Karoseri Laksana, Senin (12/9/2022).

Bus untuk karyawan Kideco tersebut menggunakan bodi Legacy SR2 Single Glass. Ada sembilan unit bus yang keluar dan semuanya memakai sasis Mercedes Benz OH 1526.

Sales Karoseri Laksana Danang Maulana menjelaskan, untuk bus milik Kideco ini punya spesifikasi yang cukup standar, namun punya kapasitas penumpang relatif lebih besar dari umum.

Baca juga: Kecelakaan Bus di Wonosobo, Pengamat Soroti Uji KIR

Kabin bus karyawan KidecoDOK. LAKSANABUS Kabin bus karyawan Kideco

"Pakai jok dua kiri tiga kanan (2-3) total 59 seat, sedangkan audionya standar dan ada dua APAR berukuran 6 Kg, standar tambang," ucap Danang kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Secara tampilan luar, nampaknya bus karyawan ini bukan untuk di area dalam tambang. Mengingat desainnya cukup mirip dengan bus jalan raya, tanpa lampu sirine dan bodinya dikelir cukup berwarna.

Padahal, umumnya bus tambang punya warna putih saja. Sedangkan unit Kideco, ada livery batik di bagian depan dan di belakang ada variasi berwarna hijau dengan pohon-pohon.

Baca juga: Makin Mahal, Ini Pilihan MPV Murah di Bawah Rp 250 Juta


Kemudian di bagian kabinnya, pelapis lantai yang digunakan bus karyawan Kideco cukup standar. Sedangkan bus yang berada di area tambang biasanya memakai model stainless steel agar awet dan mudah dirawat.

Untuk tampilannya, Kideco memang memesan unitnya dengan model bus yang lama. Kalau dilihat, ini adalah Legacy SR2 Single Glass yang mirip dengan rilisan pertama kali di 2016, namun memakai model fog lamp yang baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.