Kompas.com - 11/09/2022, 17:21 WIB
|

KLATEN, KOMPAS.com - Aki atau baterai bisa tekor kapan saja. Hal itu kadang membuat sebagian orang mencoba-coba berbagai cara agar aki yang tekor bisa digunakan kembali.

Pada umumnya, aki yang tekor akan diisi daya terlebih dulu sebagai pertolongan pertama. Jika dengan pengisian daya tersebut aki mampu menyimpan arus listrik maka aki dinyatakan masih bisa digunakan.

Tapi, jika aki sudah tidak mampu menyimpan arus listrik dapat disimpulkan aki rusak. Hal itu tidak membuat sebagian orang berhenti berharap, muncul anggapan aki tekor bisa diselamatkan dengan memberikan Bodrex atau obat sakit kepala. Benar kah hal demikian?

Baca juga: Tanda Aki Mobil Sudah Benar-Benar Rusak

sel aki rusakOne Aki/Wawan sel aki rusak

Pemilik One Aki Ceper Wawan, mengatakan aki tekor belum tentu bisa sembuh hanya dengan memberikan Bodrex, mungkin kalau tujuannya untuk membersihkan jamur aki bisa.

“Kemungkinan kecil bisa, Bodrex mengandung senyawa yang bisa merontokan jamur aki, tapi tidak sepenuhnya, jadi bukan sebagai penyelamat aki tekor, tapi hanya cara untuk membersihkan aki dari jamur,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Minggu (11/9/2022).

Dia mengatakan bila kondisi aki masih bagus mungkin saja bisa sembuh dengan pemberian Bodrex, tapi kalau kondisi aki sudah cukup parah tidak akan bisa sembuh.

Baca juga: Pantau Kondisi Aki dari Indikator Mata Kucing

Cek kondisi aki mobilCakra Motor 11 Cek kondisi aki mobil

“Pas kebetulan kondisi aki masih normal sih masih bisa selamat, pernah coba atas permintaan pelanggan untuk aki yang rusak dikasih Bodrex, dikasih tetap tidak bisa karena kondisinya selnya sudah tidak tertolong,” ucap Wawan.

Dia menjelaskan dengan logika, tidak mungkin senyawa tertentu bisa menyambung plat yang sudah putus di dalam aki.

“Di dalam aki itu kan ada plat positif dan negatif, kalau sudah putus atau sudah berkerak arus kan terhambat, lantas apa Bodrex bisa menyambung timah pada sel yang putus? Tidak mungkin,” ucap Wawan.

Jadi, Bodrex hanya senyawa yang bisa merontokkan jamur aki, tapi tidak bisa menyambung sel-sel yang sudah putus di dalam aki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.