Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Aki Mobil Sudah Benar-Benar Rusak

Kompas.com - 11/09/2022, 13:21 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Aki mobil tekor menjadi kendala yang sering dialami oleh pengendara. Pasalnya hal itu bisa terjadi begitu saja, seakan tidak ada tanda-tanda sebelumnya.

Salah satu yang menjadi solusi adalah menghubungi toko aki atau bengkel mobil terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

Pada suatu keadaan, aki masih bisa tertolong dengan melakukan pengisian daya, tapi bisa saja sumber energi ini sudah benar-benar rusak. Apa saja ya tanda aki yang benar-benar sudah rusak?

Baca juga: Pantau Kondisi Aki dari Indikator Mata Kucing

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF

Pemilik One Aki Ceper Wawan, mengatakan ada beberapa tanda yang dapat dikenali bila aki tersebut sudah tidak bisa ditolong dan harus ganti.

“Aki tekor yang benar-benar rusak bisa karena usia pemakaian, artinya tanda tersebut kadang tidak bisa terdeteksi, kalau tanda-tanda aki rusak biasanya bisa dilihat selnya mulai renggang atau naik, terminal putus, air aki keruh,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Sabtu (10/9/2022).

Dia mengatakan aki memiliki standar pemakaian sekitar dua tahun. Bila aki sudah menempuh usia tersebut, performa aki cenderung menurun.

Baca juga: Apakah Indikator Mata Kucing pada Aki Dapat Dipercaya?

Isi air aki mobilKompas.com Isi air aki mobil

“Standar pemakaian aki dari pabrik sekitar 1 tahun 8 bulan, tapi tidak menutup kemungkinan ada aki yang mampu bertahan lebih dari jangka waktu yang ditentukan tersebut,” ucap Wawan.

Dia juga mengatakan sel aki yang renggang atau terangkat bisa menjadi tanda bahwa sel tersebut sudah putus. Seperti yang diketahui, setiap sel pada aki bisa menghasilkan tegangan mencapai 2 volt lebih.

“Sel aki yang terangkat atau renggang identik dengan putus, kondisi sel ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan aki,” ucap Wawan.

Baca juga: Mengulas Perbedaan Aki Basah Tipe Premium dan Hybrid

sel aki rusakOne Aki/Wawan sel aki rusak

Dia juga menjelaskan kondisi air aki yang keruh itu merupakan tanda bahwa sel aki mengalami rontok. Seperti yang diketahui, sel aki terdiri dari bahan logam dan separator yang terbuat dari bahan isolator.

“Jika air aki keruh, itu bisa menjadi tanda sel-sel aki sudah rontok, itu secara otomatis menjawab bahwa sel aki sudah rusak,” ucap Wawan.

Jadi, tanda aki benar-benar rusak bisa dilihat dari kondisi sel, melakukan pengukuran untuk membuktikan elemen-elemen aki sudah putus atau belum, dan kondisi air aki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com