Cek Cara Mudah Daftar Uji Emisi Mobil melalui Aplikasi e-Uji Emisi

Kompas.com - 11/09/2022, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji emisi kendaraan bermotor wajib dilakukan untuk kendaraan yang umurnya lebih dari tiga tahun.

Saat ini, sudah ada lebih dari 100 titik lokasi bengkel uji emisi yang tersedia untuk kendaraan roda empat di kawasan Jakarta. Lokasi-lokasi ini bisa dilihat melalui aplikasi e-Uji Emisi, bisa diunduh melalui PlayStore di Android.

Baca juga: Tidak Lolos Uji Emisi, Bayar Parkir Bisa Lebih Mahal

Pada aplikasi tersebut, pemilik kendaraan roda empat juga bisa mengecek status uji emisi kendaraan, mendaftarkan kendaraannya, serta mendaftar untuk uji emisi di bengkel-bengkel yang tersedia.

Aplikasi e-uji emisi untuk pendaftaran uji emisi kendaraan roda empat atau mobilKOMPAS.com/Serafina Ophelia Aplikasi e-uji emisi untuk pendaftaran uji emisi kendaraan roda empat atau mobil

Berikut ini adalah cara mudah mendaftar uji emisi melalui aplikasi e-Uji Emisi:

  • Unduh aplikasi melalui PlayStore
  • Pilih menu "Pemesanan uji emisi"
  • Masukan tanggal kunjungan
  • Pilih wilayah tempat uji emisi yang akan dituju untuk melakukan uji emisi. Sistem akan menyaring tempat sesuai dengan pilihan wilayah
  • Masukan nomor telepon. Disarankan nomor tersebut terkoneksi dengan aplikasi WhatsApp
  • Klik Submit untuk mengakhiri proses pemesanan

Baca juga: Konsumen Ini Belum Pernah Test Drive tapi Langsung Beli Mobil Listrik Wuling Air ev

Pemilik kendaraan disarankan untuk mendaftar satu hari sebelum melakukan pengujian, serta melakukan konfirmasi kembali ke lokasi uji emisi sebelum datang.

Kemudian, pemilik kendaraan tidak bisa melakukan lebih dari satu pemesanan dengan nomor kendaraan yang sama dan di hari yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.