Cara Menemukan Lokasi Bengkel Uji Emisi, Pakai Aplikasi e-Uji Emisi

Kompas.com - 11/09/2022, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji emisi menjadi sesuatu yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda tua.

Ke depannya, akan ada sanksi bagi pelanggarnya. Yaitu, sanksi tilang sebesar Rp 250.000 untuk sepeda motor dan Rp 500.000 bagi mobil.

Ini merupakan implementasi dari Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota. Dijelaskan dalam ketentuan tersebut, uji emisi diwajibkan untuk kendaraan yang berusia lebih dari tiga tahun.

Baca juga: Kecelakaan Maut Bus Pariwisata Terjadi Lagi, Ini Komentar KNKT

Saat ini, ada sekitar 198 titik lokasi uji emisi untuk kendaraan roda empat dan 11 titik uji emisi untuk kendaraan roda dua.

Lokasi-lokasi tersebut dapat ditemukan melalui aplikasi e-Uji Emisi yang tersedia untuk gawai Android, diunduh melalui PlayStore.

Pada aplikasi tersebut, bisa dilihat nama bengkel yang menyediakan uji emisi beserta alamat lengkapnya.

Daftar tempat uji emisi di aplikasi e-Uji Emisi kendaraan roda empatKOMPAS.com/Serafina Ophelia Daftar tempat uji emisi di aplikasi e-Uji Emisi kendaraan roda empat

Fitur-fitur lain yang bisa dinikmati, seperti pengecekan hasil uji emisi kendaraan, daftar bengkel terdekat, hingga pendaftaraan kendaraan untuk diuji emisi serta informasi dari kegiatan uji emisi.

Namun, biaya yang dibutuhkan tidak tertera pada bengkel-bengkel uji emisi yang tersedia di aplikasi tersebut. Kisaran biaya uji emisi, umumnya adalah Rp 150.000 sampai dengan Rp 165.000 per unit.

Harga ini berlaku hanya untuk uji emisi mobil atau kendaraan roda empat. Sedangkan untuk sepeda motor, kisaran harganya adalah Rp 50.000 sampai dengan Rp 60.000.

Sebagai informasi, bengkel-bengkel tersebut merupakan gabungan dari fasilitas pemerintah (DLH), bengkel swasta, bengkel umum, kios, atau rumahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.