Harga Pertamax Naik, Segini Biaya Isi Full Tank Terios, Rush, dan BR-V

Kompas.com - 08/09/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bahan bakar minyak (BBM) resmi naik per Sabtu (3/9/2022) lalu. Pertamax, Pertalite, dan Solar mengalami kenaikan.

Rinciannya, harga Pertalite naik dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Pertamax naik dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter, sedangkan Bio Solar dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter.

Baca juga: Alasan Revvo 89 Sempat Lebih Murah daripada Pertalite

Sebelumnya, harga BBM Pertamina yang lain seperti Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite justru mengalami penurunan terhitung per 1 September 2022 yang lalu.

Perihal kenaikan harga BBM sebelumnya diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam jumpa pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Kepresidenan.

"Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM akan mengalami penyesuaian," ucap Presiden Jokowi, saat pengumuman kenaikan.

Mobil modifikasi Daihatsu Terios bertema 7 Wonders dipamerkan di GIIAS 2022Dok. ADM Mobil modifikasi Daihatsu Terios bertema 7 Wonders dipamerkan di GIIAS 2022

Baca juga: Respons Hyundai Soal Stargazer Dibuat Low SUV

Kondisi ini tentu berimbas bagi seluruh pemilik kendaraan; dalam hal ini pengguna BBM jenis Pertamax.

Di segmen low sport utility vehicle (LSUV) ada Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Keduanya memiliki kapasitas tangki yang sama, yaitu 45 liter.

Sehingga untuk mengisi tangki bensin hingga full mobil Rush dan Terios akan membutuhkan biaya sebesar Rp 652.500. Jika memakai harga sebelumnya, pengguna akan dikenakan biaya sebesar Rp 562.000.

 

Sedangkan untuk Honda BR-V, kapasitas tangki mesinnya ada di bawah Rush dan Terios, yaitu 42 liter.

Untuk mengisi full tank Honda BR-V, pemilik mobil perlu menyiapkan Rp 609.000, naik dari harga sebelum kenaikan Pertamax, yakni Rp 420.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.