Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Isi Pertamax Full Tank Avanza, Xenia, Xpander, dan Stargazer

Kompas.com - 08/09/2022, 07:42 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) resmi naik pada hari Sabtu (3/4/2022). Jenis bahan bakar yang naik adalah Pertalite dan Pertamax.

Untuk BBM jenis Pertamax, kenaikannya mencapai Rp 2.000, yaitu dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter.

Akibat kenaikan ini, pemilik kendaraan harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk mengisi bahan bakar, khususnya jika ingin mengisi penuh tangki bensin. Berikut ini adalah kisaran harga untuk mengisi sejumlah mobil low multi purpose vehicle (LMPV) sampai full tank.

Baca juga: Jangan Semua Mobil Dipaksa Minum Pertamax Turbo, Ketahui Dampaknya

Untuk Toyota New Avanza dan Daihatsu New Xenia, kapasitas tangki bensinnya adalah 43 liter. Mengisi tangki penuh dengan Pertamax yaitu Rp 14.500 akan butuh biaya sebesar Rp 635.000.

Jika dibandingkan dengan saat sebelum harga Pertamax naik, yaitu Rp 12.500, jumlah uang yang perlu disiapkan oleh pemilik Avanza dan Xenia adalah Rp 537.500.

Sama dengan New Avanza dan New Xenia, kapasitas tangki Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga adalah 45 liter. Mengisi tangki hingga penuh kedua model ini dengan Pertamax akan memerlukan biaya sebesar Rp 635.000.

Hyundai StargazerHMID Hyundai Stargazer

Baca juga: Berencana Beli Mobil Listrik, Cek Daftar Harganya per September 2022

Sedangkan untuk LMPV terbaru Hyundai Stargazer, kapasitas tangkinya adalah 40 liter. Mengisi full tank akan membutuhkan biaya lebih kecil, yaitu Rp 580.000.

Dibandingkan dengan saat Pertamax belum naik, mengisi dengan Pertamax hingga tangki penuh akan memakan biaya sebesar Rp 500.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com