Harga Pertalite Naik, Low MPV Isi Full Tank Tembus Rp 400 Ribuan

Kompas.com - 04/09/2022, 07:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo resmi umumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Kenaikan ini berlaku untuk Pertalite, Solar, dan Pertamax.

Harga baru ini BBM bersubsidi dan non-subsidi itu mulai berlaku pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB. Seperti diketahui, harga Pertalite yang semula Rp 7.650 per liter, kini menjadi Rp 10.000 per liter.

Adapun Solar subsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter. Sementara Pertamax dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500 per liter.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Jok Yamaha Nmax 155 Mudah Dibobol

Modifikasi Daihatsu Xenia Sport bergaya JDM di GIIAS 2022Dok. ADM Modifikasi Daihatsu Xenia Sport bergaya JDM di GIIAS 2022

Selisih harga Pertalite sebesar Rp 2.350 per liter, tentu bakal berdampak pada pengguna mobil ketika mengisi bensin, dibandingkan saat mengisi dengan harga Rp 7.650 per liter.

Secara langsung para pengguna harus mengeluarkan kocek lebih dalam untuk isi bensin sampai penuh alias full tank. Pada All New Toyota Avanza dan All New Daihatsu Xenia contohnya, yang punya kapasitas tangki 43 liter.

Jika sebelumnya harus mengeluarkan biaya Rp 328.950, maka kini menjadi Rp 430.000 saat isi full tank menggunakan Pertalite.

Baca juga: Street Race Kemayoran Resmi Digelar Hari Ini, Ada Penutupan Jalan

Sementara itu, pengguna New Mitsubishi Xpander dengan kapasitas tangki 45 liter, bakal lebih dalam merogoh kocek ketimbang All New Toyota Avanza dan All New Daihatsu Xenia.

Apabila sebelumnya mengeluarkan Rp 344.250, setelah kenaikan harga menjadi Rp 450.000, ketika diisi full tank.

Hal yang sama juga terjadi kepada para pemilik Suzuki Ertiga yang punya kapasitas tangki 45 liter. Mereka harus menyiapkan dana Rp 450.000 untuk mengisi Pertalite sampai penuh.

Baca juga: Rumors Innova Hybrid Meluncur di Tanah Air dalam Waktu Dekat

Mitsubishi Xpander UltimateKOMPAS.com/ADITYO WISNU Mitsubishi Xpander Ultimate

Kemudian untuk pengguna Honda Mobilio yang punya kapasitas tangki 42 liter. Agar bisa terisi penuh, pengendara memerlukan Rp 420.000.

Menariknya, dari semua Low MPV yang ada di pasaran saat ini, Hyundai Stargazer jadi model dengan jumlah pembelian BBM paling murah.

Untuk mengisi Pertalite full tank, Stargazer hanya butuh Rp 400.000. Hal ini terjadi lantaran kapasitas tangki bahan bakarnya paling kecil dibandingkan rival-rival lainnya, yakni hanya 40 liter saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.