Kompas.com - 03/09/2022, 11:42 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Tak hanya spooring, salah satu perawatan wajib berkala kaki-kaki mobil yang harus diperhatikan adalah balancing.

Balancing roda bertujuan menyeimbangkan putaran roda. Sebab, berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Sehingga, putaran poros roda bisa stabil. 

Roda yang tidak balance selain stir bergetar, ban bisa habis tidak rata. 

Baca juga: Cara Mudah Ketahui Ban Mobil Harus di Spooring

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, roda yang tidak balance bisa menggangu handling kendaraan. Stir akan bergetar jika melaju kecepatan tinggi. 

"Bobot pelek dan roda tidak seimbang. Traksi ban jadi berkurang, dalam kecepatan tinggi jadi bergetar. Traksi yang tidak balance ban bisa habis sebelah," ucap Bambang kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Paket spooring balancing Otobox Supermarket Ban Indonesia Dicky Aditya Wijaya Paket spooring balancing Otobox Supermarket Ban Indonesia

Bedanya dengan setelan spooring yang berubah, bukan hanya getaran, bisa juga dengan disertai bunyi jika kecepatan tinggi. Stir tidak stabil dan bergetar cukup hebat, goyangan yang timbul terasa naik turun

Baca juga: Jangan Nekat Pakai Ban Mobil yang Sudah Botak

"Keausan ban yang tidak rata usia pakainya lebih pendek. Biasanya bisa sampai 10 ribu kilometer," kata dia. 

Ban mobil habis sebelahDicky Aditya Wijaya Ban mobil habis sebelah

Hal yang sama di utarakan Ilham Hermawan Pemilik Sarang Knalpot dan Ban Semarang. Ia mengatakan, balancing roda harus dilakukan bila getaran stir mobil cukup parah. 

Dalam kecepatan tinggi stir bergetar menandakan bahwa ada ketimpangan bobot pelek dan ban.

"Bila melaju kecepatan diatas 100 kilometer/jam getaran stir akan terasa. Bobot pelek dan ban berubah karena gaya sentrifugal," ucap Ilham. 

Dia melanjutkan, jika terus dibiarkan maka getaran stir bisa menggangu mekanisme steering dan suspensi. Shockbreaker, bearing, dan ball joint bisa bekerja lebih berat. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.