Tersangkut Penalti di MotoGP San Marino, Bagnaia Mengaku Salah

Kompas.com - 03/09/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia nampaknya akan kesulitan saat balapan MotoGP San Marino 2022 di Sirkuit Misano, Italia, akhir pekan ini. Pebalap Ducati ini tersangkut penalti cukup berat yang merugikan.

Bagnaia diganjar hukuman atau penalti dengan mundur tiga posisi saat start nanti. Dengan begitu, percuma bagi dirinya mendapat pole position saat sesi kualifikasi.

Baca juga: Ekspektasi Tinggi Bagnaia di Misano

Saat sesi latihan bebas FP1, Bagnaia melambat di jalur balap. Akibatnya, pebalap di belakangnya, Alex Marquez, hampir menabrak Bagnaia. Bagnaia pun dinilai melakukan tindakan yang berbahaya atau tidak bertanggung jawab.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)FILIPPO MONTEFORTE Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)

"Menurut saya, itu sudah benar. Saya sepenuhnya setuju dengan penalti ini," ujar Bagnaia, dikutip dari Crash.net, Sabtu (3/9/2022).

Namun, sebenarnya Bagnaia juga memiliki alasan mengapa kejadian tersebut sampai terjadi. Dia mengaku mengira sesi FP1 sudah selesai, padahal itu masih berjalan.

Baca juga: Abaikan Masukan Rossi, Bagnaia Malah Menang di MotoGP Austria

"Saya pikir sesi tersebut sudah selesai, saya sudah melewati bendera finis. Tapi, ternyata belum, jadi saya melakukan kesalahan. Saya sudah meminta maaf juga pada Stewards," kata Bagnaia.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)FILIPPO MONTEFORTE Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)

Bagnaia mengatakan, dirinya sempat bertanya mengapa harus turun tiga posisi, bukannya Long Lap Penalty. Menurut para Stewards, penalti tersebut karena Bagnaia baru pertama kali melakukan hal tersebut. Jika ada yang kedua kalinya, maka baru dikenakan Long Lap Penalty.

Sudah ada contohnya, yakni Jack Miller, di mana dia mendapat penalti turun tiga posisi di Argentina dan Long Lap Penalty di Jerman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.