Kompas.com - 02/09/2022, 18:10 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan ke PT Freeport Indonesia, tepatnya melihat langsung proses dan aktivitas penambangan bawah tanah yang terletak di Grasberg Block Cave (GBC) underground, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Presiden dan rombongan tiba di lokasi tersebut pada Kamis, 1 September 2022 sekitar pukul 11.15 Waktu Indonesia Timur (WIT).

Di samping meninjau Tambang Grasberg, Presiden Jokowi juga meluncurkan teknologi pertambangan baru 5G Mining. Menariknya pada kunjungan tersebut Presiden dan Ibu Negara terpantau menaiki SUV Toyota Land Cruiser 70 Series.

Baca juga: Pengemudi Merokok Marah Saat Ditegur, Ketahui Aturannya

Ilustrasi Toyota Land Cruiser 70 Series yang dipakai JokowiDok. Freeport Indonesia Ilustrasi Toyota Land Cruiser 70 Series yang dipakai Jokowi

Seperti diketahui, Toyota Land Cruiser 70 pada dasarnya merupakan SUV model lawas yang masih dijual Toyota Australia. Mobil ini tersedia dalam bodi sasis single cabin, sasis double cabin, wagon, dan Troop Carrier.

Dilansir dari situs resminya (2/9/2022), Land Cruiser 70 Series masuk dalam kategori mobil pekerja.

Tak heran jika mobil ini banyak dipakai sebagai mobil pertambangan. Land Cruiser 70 Series menemani jajaran SUV pekerja Toyota selain Hilux, Prado, hingga Fortuner.

Sebagai diferensiasi di antara SUV lainnya, Land Cruiser 70 Series dijuluki sebagai mobil yang mempertahankan desain klasik, tapi dilengkapi berbagai fitur modern.

Baca juga: Menteri ESDM Ajak Warga Bali Konversi Motor Bensin Jadi Listrik

Toyota Land Cruiser 70 SeriesDok. Toyota Australia Toyota Land Cruiser 70 Series

Misalnya AC sudah menjadi standar pada mobil pekerja ini. Kemudian terdapat head unit dengan layar sentuh 6,1 inci yang memiliki fungsi Bluetooth dan navigasi satelit, serta tentu saja pemutar musik dengan USB dan CD.

Untuk fitur keamanan dan keselamatan, terdapat immobilizer, airbag ganda, hingga kontrol traksi dan stabilitas.

Di atas kertas, Toyota Land Cruiser 70 dibekali mesin V8 turbo diesel berkapasitas 4.461 cc berkode 1VD-FTV. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 151 kW atau setara 202 tk dan torsi puncak 430 Nm.

Baca juga: Luhut Sebut Kenaikan Harga BBM Tinggal Tunggu Pengumuman Presiden

Ilustrasi interior Toyota Land Cruiser 70 SeriesDok. Toyota Australia Ilustrasi interior Toyota Land Cruiser 70 Series

Tenaga dan torsi mesin diesel tersebut disalurkan ke roda lewat transmisi 5-percepatan manual dan sistem penggerak empat roda.

Selain mesin diesel, Land Cruiser 70 juga hadir dengan mesin bensin V6 berkapasitas 3.956 cc yang menyemburkan tenaga 228 dk dan torsi 360 Nm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.