Boleh Pakai Pertalite, Hyundai Jamin Garansi Stargazer Tak Gugur

Kompas.com - 01/09/2022, 11:22 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Datang menawarkan beragam teknologi canggih di segmen low multi purpose vehicle (LMPV), ternyata tak membuat Hyundai Stargazer terhalang mengonsumsi bensin murah jenis Pertalite.

Meski pada dasarnya pihak pabrikan menyarankan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan oktan minimal 91, namun mesin 1.500 cc yang diusung Stargazer juga masih bisa menikmati BBM subsidi tersebut.

"Pada dasarnya yang direkomendasi adalah unleaded (tanpa timbal). Jadi memang untuk mengejar performa mobil-mobil kita ini kompresi juga tinggi, jadi butuh oktan yang tinggi juga," ucap Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), saat sesi media test drive Stargazer, di Malang, Jawa Timur, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: Hyundai Stargazer Cetak 4.000 SPK, Model Captain Seat Paling Diminati

"Tapi apakah boleh pakai oktan yang rendah? pada dasarnya tampa timbal. Pertanyaannya boleh tidak (Stargazer) pakai Pertalite? boleh, kita tidak bisa melarang konsumen pada saat ingin memakainya," lanjutnya.

Hyundai Stargazer, MalangKOMPAS.com/STANLY RAVEL Hyundai Stargazer, Malang

Bahkan Makmur menjamin, konsumen Stargazer yang menggunakan bahan bakar subsidi jenis Pertalite tak akan menggugurkan garansi.

"Warranty (stargazer) gugur? tidak. Jadi ini clear ya, tidak ada masalah, yang penting bahan bakar tanpa timbal," kata Makmur.

Meski demikian, untuk mengejar performa yang lebih optimal, Makmur tetap menyarankan konsumen Stargazer memakai bahan bakar yang sudah direkomendasikan.

Baca juga: Jangan Salah, Mobil Pengguna Pertamax Juga Menikmati Subsidi

Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena selain bisa menjaga performa, penggunaan bahan bakar yang lebih tinggi juga memiliki segudang manfaat lainnya.

Syarat dan cara daftar MyPertamina untuk beli Pertalite dan Solar secara online maupun offlineDok. Pertamina Syarat dan cara daftar MyPertamina untuk beli Pertalite dan Solar secara online maupun offline

"Kalau kita menggunakan kendaraan, kita harus mendapatkan fun to drive, maka kami rekomendasikan gunakanlah bahan bakar yang sesuai rekomendasi dari pabrikan," ujar Makmur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.