Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2022, 07:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi mengumumkan penundaan kembali pemberlakuan tarif baru untuk ojek online (ojol).

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, keputusan penundaan implementasi kenaikan tarif ojol kali ini mempertimbangkan berbagai situasi dan kondisi yang berkembang di masyarakat.

"Selain itu, penundaan itu dibutuhkan untuk mendapatkan lebih banyak masukan dari para pemangku kepentingan, sekaligus melakukan kajian ulang agar didapat hasil yang terbaik," ujar Adita dalam keterangan resminya, Minggu (28/8/2022).

Baca juga: Tarif Baru Ojek Online Segera Berlaku, Cek Rinciannya

Seperti diketahui, ini merupakan kedua kalinya penerapan kenaikan tarif ojol ditunda oleh Kemenhub.

Kenaikan tarif ojol seharusnya berlaku pada 10 Agustus lalu, namun dibatalkan lantaran masih membutuhkan waktu sosialisasi.

Ilustrasi driver Gojek yang sedang membawa tas khusus pengantaran GoFood.dok. GoTo Ilustrasi driver Gojek yang sedang membawa tas khusus pengantaran GoFood.

Dari penerapan 10 hari setelah Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 564 Tahun 2022 Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat diterbitkan, menjadi 25 hari yang artinya jatuh pada 29 Agustus 2022.

Menurut Adita, Kemenhub masih terus melakukan koordinasi, dan menjaring masukan dari para pemangku kepentingan, termasuk pakar transportasi mengenai tarif bari ojek online ini.

"Kemenhub juga akan segera menyampaikan ke masyarakat jika telah diambil keputusan terkait rencana kenaikan tarif ojol ini," kata Adita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.