Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2022, 16:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, Pertalite dan Solar, kabarnya bakal mengalami kenaikan harga dalam waktu dekat. Hal ini mulai menjadi perbincangan di tengah masyarakat, terutama pengguna mobil yang pakai Pertalite.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemungkinan bakal mengumumkan soal kenaikan harga BBM bersubsidi.

“Pemerintah masih menghitung beberapa skenario penyesuaian subsidi dan kompensasi energi dengan memperhatikan dampaknya terhadap masyarakat,” ujar Luhut dalam keterangan resmi (21/8/2022).

Baca juga: Baru Diperkenalkan, Pemesanan Suzuki Grand Vitara Sudah Puluhan Ribu

Mitsubishi Xpander UltimateKOMPAS.com/ADITYO WISNU Mitsubishi Xpander Ultimate

Dari berbagai rumor yang berkembang, Pertalite kabarnya bakal naik menjadi Rp 10.000 per liter. Jika benar maka artinya ada kenaikan Rp 2.350 dari banderol saat ini yang masih Rp 7.650 per liter.

Kalau harga Pertalite naik, maka pengguna mobil harus mengeluarkan kocek lebih dalam untuk isi bensin sampai penuh alias full tank.

All New Toyota Avanza contohnya, yang punya kapasitas tangki 43 liter. Jika sebelumnya harus mengeluarkan biaya Rp 328.950, maka menjadi Rp 430.000 saat isi full tank menggunakan Pertalite.

Baca juga: Motor Listrik Honda Meluncur Paling Lambat 2024

Sementara itu, pengguna New Mitsubishi Xpander dengan kapasitas tangki 45 liter, bakal lebih dalam merogoh kocek ketimbang All New Toyota Avanza.

Apabila sebelumnya mengeluarkan Rp 344.250, setelah kenaikan harga menjadi Rp 450.000 ketika diisi full tank.

Walau demikian, perkiraan tersebut baru akan terjadi apabila banderol Pertalite benar-benar mencapai Rp 10.000 per liter, atau naik kurang lebih 30 persen dari harga sekarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.