Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berdiri Sejak 2011, Planet Ban Sudah Punya 1.000 Outlet

Kompas.com - 24/08/2022, 14:43 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya memperluas cangkupan bisnisnya di Tanah Air, PT Surganya Motor Indonesia (Planet Ban) akan mendirikan pusat distribusi baru di Palembang, Sumatera Selatan.

Langkah tersebut sebagai salah satu dari perayaan dibukanya outlet ke-1.000 oleh perseroan di kawasan Cikarang, Jawa Barat yang menandakan berkembangnya bisnis servis motor dan produk pendukung.

Chief Executive Officer Planet Ban, Andi Haryoko menyatakan, peresmian ini jadi momen penting setelah mobilitas warga kembali meningkat pasca pandemi Covid-19 dua tahun lalu.

Baca juga: Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Masih Berlaku di Banten

Seremoni pembukaan toko ke-1.000 Planet BanKOMPAS.com/Ruly Seremoni pembukaan toko ke-1.000 Planet Ban

"Kesempatan ini juga kami jadikan momen untuk meluncurkan komitmen #InovasiTanpaHenti dalam menghadapi tantangan pertumbuhan bisnis Planet Ban dan industri otomotif Indonesia," kata dia dalam konferensi pers, Rabu (24/8/2022).

Hal ini cukup fantastis mengingat awalnya Planet Ban hanya suatu bazar ban motor sederhana saja, yang kemudian terus dikembangkan untuk berfokus berjualan ban mulai 2011.

Pada 2018, perseroan mulai melakukan disertivikasi produk jualan pendukung gaya hidup pengendara motor di dalam negeri seperti oli, servis, dan sparepart.

"Berkat strategi kami, Planet Ban mampu mencatat lebih dari 1,5 juta motor yang sudah ditangani untuk servis pada 2021 dengan pertumbuhan rata-rata 86,7 persen year on year," ucap Andi.

Baca juga: Toyota Luncurkan Sienta Generasi Terbaru, Pakai Mesin Hybrid

Seremoni pembukaan toko ke-1.000 Planet BanKOMPAS.com/Ruly Seremoni pembukaan toko ke-1.000 Planet Ban

Pembukaan outlet yang ke-1.000 pada tahun ini, bukan akhir perjalanan Pelanet Ban pada 2022. Disebutkan bahwa dalam waktu dekat akan ada beberapa toko baru.

Termasuk di dalamnya, pembangunan distribution center di Palembang, Sumatera Selatan.

"Strategi kami tiap wilayah memang seperti itu untuk memudahkan distribusi. Nantinya, fasilitas tersebut akan melayani wilayah Palembang dan Lampung," kata Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com