Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Pilih Peredam Kabin Bikin Mobil Tambah Berat

Kompas.com - 24/08/2022, 19:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA,KOMPAS.com – Peredam suara menjadi salah satu aksesoris mobil yang dapat menunjang kenyamanan berkendara. Saat ini sudah banyak jenis peredam suara mobil dengan harga yang beragam.

Baca juga: 7 Mobil Hybrid Terlaris Juli 2022, All New Ertiga Hybrid Paling Laku

Bahkan kualitas dari peredam suara mobil juga variatif di pasaran. Maka dari, bagi yang tertarik ingin memasang peredam suara mobil hendaknya mencari tahu terlebih dahulu produk yang digunakan.

Apabila tidak tepat, peredam suara justru akan membuat bobot mobil menjadi berat. Alhasil, performa mobil jadi menurun karena peredam suara.


“Penambahan bobot pada mobil yang menggunakan peredam tentu akan terasa berbeda misal di bagian pintu, saat menutup pintu akan terasa perbedaannya. Secara menyeluruh jika semua kabin terlapisi peredam maka berat massa nya akan bertambah,” kata Brand Manager Z3RO Solution Novia Hadi Putri kepada Kompas.com, Rabu (24/8/2022).

Novia menjelaskan,sebagai peredam memiliki lapis pertama yang menggunakan aluminium butyl rubber. Lapisan tersebut bertujuan untuk mempertebal bodi mobil sehingga minim getaran.

Oleh karena itu, jika penggunaan peredam untuk mobil yang digunakan harian bobot akan sedikit rigid atau kaku. Hal tersebut lantaran adanya beban tambahan pada mobil dari lapisan peredam suara.

Ilustrasi peredam suara pada kabin mobilGRIDOTO.com/RADITYO HERDIANTO Ilustrasi peredam suara pada kabin mobil

Maka dari itu, baiknya saat hendak memasang peredam suara pada mobil cari tahu terlebih dahulu jenis material yang digunakan.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Baru

Sementara itu pada mobil yang digunakan untuk kontes, sudah dipastikan bobotnya makin bertambah lantaran penggunaan peredam suara akan lebih banyak.

“Kecuali tujuan pemasangan peredam ekstrem untuk kontes audio biasanya bobotnya lumayan bertambah berat,” kata Novia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com