Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Salah Pilih Peredam Kabin Bikin Mobil Tambah Berat

Bahkan kualitas dari peredam suara mobil juga variatif di pasaran. Maka dari, bagi yang tertarik ingin memasang peredam suara mobil hendaknya mencari tahu terlebih dahulu produk yang digunakan.

Apabila tidak tepat, peredam suara justru akan membuat bobot mobil menjadi berat. Alhasil, performa mobil jadi menurun karena peredam suara.


“Penambahan bobot pada mobil yang menggunakan peredam tentu akan terasa berbeda misal di bagian pintu, saat menutup pintu akan terasa perbedaannya. Secara menyeluruh jika semua kabin terlapisi peredam maka berat massa nya akan bertambah,” kata Brand Manager Z3RO Solution Novia Hadi Putri kepada Kompas.com, Rabu (24/8/2022).

Novia menjelaskan,sebagai peredam memiliki lapis pertama yang menggunakan aluminium butyl rubber. Lapisan tersebut bertujuan untuk mempertebal bodi mobil sehingga minim getaran.

Oleh karena itu, jika penggunaan peredam untuk mobil yang digunakan harian bobot akan sedikit rigid atau kaku. Hal tersebut lantaran adanya beban tambahan pada mobil dari lapisan peredam suara.

Maka dari itu, baiknya saat hendak memasang peredam suara pada mobil cari tahu terlebih dahulu jenis material yang digunakan.

Sementara itu pada mobil yang digunakan untuk kontes, sudah dipastikan bobotnya makin bertambah lantaran penggunaan peredam suara akan lebih banyak.

“Kecuali tujuan pemasangan peredam ekstrem untuk kontes audio biasanya bobotnya lumayan bertambah berat,” kata Novia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/24/190100315/salah-pilih-peredam-kabin-bikin-mobil-tambah-berat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke