Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor Bisa Uji Emisi di Planet Ban

Kompas.com - 24/08/2022, 17:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mewajibkan seluruh bengkel yang berada di wilayah Ibu Kota telah memiliki alat uji emisi, terkhusus bagi bengkel resmi guna mengurangi emisi gas buang dari kendaraan bermotor.

Mengingat pada akhir tahun ini, Pemprov DKI Jakarta akan menerapkan sanksi berupa denda pajak untuk kendaraan dengan masa pakai di atas tiga tahun yang belum atau tidak lolos uji emisi.

Kebijakan tersebut, sebagaimana termaktub dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Baca juga: 7 Mobil Hybrid Terlaris Juli 2022, All New Ertiga Hybrid Paling Laku

Planet BanKOMPAS.com/Ruly Planet Ban

Seiring dengan hal itu, sejumlah bengkel atau penyedia jasa servis kendaraan bermotor mulai berbenah. Tidak terkecuali PT Surganya Motor Indonesia atau biasa dikenal Planet Ban, sebagai perusahaan ekosistem sepeda motor.

"Kami turut mendukung program tersebut. Kita sudah ada empat titik dan telah terdaftar, kta siapkan semua alatnya. Ini akan terus dikembangkan khususnya untuk wilayah Jabodetabek," kata Wisnu Satrya, Chief Innovation Officer Planet Ban di Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Dalam tahap awal penyediaan fasilitas terkait, lajut Wisnu, antusiasme pemilik dan pengendara sepeda motor diklaim sangat tinggi. Bahkan sempat suatu hari pada satu toko, terdapat 100 unit motor yang ingin lakukan uji emisi.

Melihat peluang terkait, perseroan bertekad untuk menambah fasilitas uji emisi pada jaringan outlet-nya yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang, yang saat ini sudah mencapai sekitar 259 toko.

Baca juga: Biaya Peredam Kabin buat Mobil Murah

Hanya saja ia tidak menyebutkan besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk uji emisi di Planet Ban. Tetapi dipastikan bahwa banderol yang dibebankan ke pengendara masih cukup terjangkau mengikuti regulasi pemerintah.

"Kita juga kasih saran untuk membandingkan keluaran emisi sebelum mereka memakai produk pembersih dari Planet Ban dan sesudahnya. Jadi kelihatan langsung perbedaannya," ucap Wisnu.

Diketahui, saat ini Planet Ban tidak hanya menyediakan layanan dan penjualan soal ban sepeda motor saja. Tetapi juga menyediakan produk pendukung seperti oli, servis rutin, dan sparepart secara mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com