Kompas.com - 23/08/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Subaru XV memberikan pilihan baru di segmen sport utility vehicle (SUV). Mobil yang didatangkan langsung secara utuh dari Jepang ini menjadi pesaing terdekat dari Honda HR-V RS.

Dari segi eksterior, Subaru XV hadir dengan tampilan yang lebih sporty. Sedangkan HR-V RS, tampilannya lebih agresif. Sementara untuk interiornya, kedua mobil ini sama-sama memperlihatkan kesan yang sporty.

Baca juga: Subaru XV Menantang Honda HR-V RS, Mana Lebih Keren?

Pada Subaru XV, interiornya banyak dilapisi dengan material kulit alias soft touch. Bagian pintu, setir, dasbor, hingga konsol tengah, dilapisi dengan kulit yang menggunakan jahitan berwarna merah.

Komparasi Subaru XV dengan Honda HR-V RSKompas.com/Donny Komparasi Subaru XV dengan Honda HR-V RS

Setirnya model bulat dan sudah dilengkapi dengan berbagai tombol multifungsi. Setir dan dasbornya juga warnanya tidak monoton, Subaru memberikan aksen silver di beberapa bagian. Desain dasbornya terkesan lebih dinamis.

Pada bagian tengah, Subaru XV memiliki head unit dengan layar sentuh yang berukuran 8 inci. Tapi, pada bagian atasnya terdapat panel meter lagi yang memberi beragam informasi terkait mobil.

Baca juga: Kesan Pertama Mengendarai Subaru XV di GIIAS 2022

Untuk joknya, menggunakan model semi bucket seat dan menggunakan warna two tone, hitam dan abu-abu dengan jahitan merah. Joknya juga dilapisi material fabric dan kulit. Sehingga, menguatkan kesan sporty pada SUV kompak ini.

Subaru XVKompas.com/Adityo Subaru XV

Sementara pada HR-V RS, interiornya didominasi dengan warna hitam. Beberapa bagiannya juga dilapisi dengan kulit dan dihiasi dengan jahitan berwarna merah, termasuk pada setirnya yang model bulat.

Desain dasbor HR-V RS terkesan lebih sederhana. Kesan elegan sedikit ditampakkan dengan lis krom dan aksen piano black pada beberapa detailnya. Pada bagian tengah, terdapat head unit layar sentuh model floating berukuran 8 inci.

Test Drive All New Honda HR-V RS 1.5 Turbo di Sirkuit Mandalikadok.HPM Test Drive All New Honda HR-V RS 1.5 Turbo di Sirkuit Mandalika

Joknya juga berwarna hitam dengan jahitan berwarna merah. HR-V RS juga memiliki jok model semi bucket seat. Tapi, masih dilapisi dengan kombinasi material kulit dan fabric.

Pada bagian interior, Subaru XV dan HR-V RS sama-sama tampil sporty. Tapi, masing-masing SUV kompak ini memiliki karakter yang berbeda. Subaru XV lebih dinamis dan sporty, sedangkan HR-V RS lebih sederhana dan elegan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.