Kompas.com - 20/08/2022, 16:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia) turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dengan meluncurkan produk baru. Salah satunya adalah Subaru XV.

Sport utility vehicle (SUV) satu ini didatangkan langsung dari Jepang. Secara spesifikasi, mirip dengan kakaknya yang sudah duluan meluncur, yakni All New Forester.

Baca juga: Magnet Subaru BRZ di GIIAS 2022

Tapi, secara desain eksterior, mobil ini punya tampilan yang lebih sporty. Dengan dimensi yang kompak, Subaru sekaligus menegaskan secara segmen bahwa XV juga cocok dikatakan mobil perkotaan.

Test drive Subaru XV di GIIAS 2022Kompas.com/Adityo Test drive Subaru XV di GIIAS 2022

Tim Kompas.com juga mencoba merasakan sensasi berkendara dari Subaru XV. Namun, perlu diketahui bahwa area test drive di GIIAS 2022 cukup terbatas.

Meski demikian, area tersebut sudah cukup untuk merasakan sedikit akselerasi mobil, performa suspensinya, dan kemampuan manuvernya saat putar balik.

Baca juga: Alasan Subaru Hadir Tanpa Pajang Kendaraan Elektrifikasi di GIIAS 2022

Saat masuk ke kabin XV, test driver Kompas.com dengan postur 157 cm dan bobot 60 kg, merasa interiornya elegan dan sporty. Bagian dasbor terasa elegan dengan banyak bagian yang soft touch yang dilapisi kulit.

Test drive Subaru XV di GIIAS 2022Kompas.com/Adityo Test drive Subaru XV di GIIAS 2022

Sedangkan kesan sporty, ditampilkan dari jok dengan model semi bucket seat. Motif yang ditonjolkan juga lebih atraktif. Ditambah lagi dengan jahitan pada bagian kulitnya yang berwarna oranye semakin menegaskan kesan sporty.

Tampilan dasbor Subaru XV dan All New Forester tidak ada bedanya, semua tata letaknya juga sama. Mesin yang digunakan juga sama, yakni mesin boxer 2.0 L. Tapi, sensasi berkendara yang ditawarkan tentu berbeda, karena dimensi dan bobotnya juga berbeda.

Test drive Subaru XV di GIIAS 2022Kompas.com/Adityo Test drive Subaru XV di GIIAS 2022

Akselerasi yang ditawarkan mesinnya cukup responsif. Putaran bawahnya terasa bertenaga. Tapi, untuk putaran atasnya tidak bisa dirasakan karena keterbatasan area test drive.

Subaru mengklaim XV menggunakan rangka yang lebih rigid. Dipadukan dengan mesin boxer yang relatif lebih rendah dari jenis mesin lainnya, mobil ini menawarkan kestabilan yang lebih baik. Sayangnya, pada sesi test drive di GIIAS 2022 ini hal tersebut sulit untuk digali karena keterbatasan areanya.

Test drive Subaru XV di GIIAS 2022Kompas.com/Adityo Test drive Subaru XV di GIIAS 2022

Sementara itu, radius putar setirnya juga cukup baik, sama seperti Forester. Dengan dimensi yang kompak, tentu mobil ini lebih mumpuni untuk diajak bermanuver di perkotaan yang padat atau melewati jalan yang sempit.

Lalu, soal konsumsi BBM, Subaru mengklaim XV tembus 16 km per liter hingga 18 km per liter. Tentunya, tim Kompas.com akan melakukan pengujian lebih lanjut untuk mengetes konsumsi BBM dari SUV ini.

Subaru XV hadir dengan dua varian, standar dan EyeSight. Untuk varian standar, dibanderol Rp 449,5 juta (OTR Jakarta). Sedangkan EyeSight, harganya Rp 499,5 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.