Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Impresi Awal Jajal Motor Listrik Alva One

Kompas.com - 18/08/2022, 18:56 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Ilectra Motor Group (IMG) resmi meluncurkan motor listrik Alva One pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Buat konsumen yang tertarik dengan skutik ini bisa menjajal Alva One secara langsung di Hall 10 ICE BSD City.

Kompas.com yang penasaran dengan motor ini langsung mengikuti test ride Alva One di lokasi, meskipun dalam waktu dan tempat yang relatif terbatas.

Dimulai dari posisi duduk, motor ini menawarkan rasa berkendara khas skutik gambot. Dengan posisi setang terbilang tinggi dan posisi kaki yang rileks.

Baca juga: Skema Cicilan Segway E200P, Motor Listrik Termahal di GIIAS 2022

Motor listrik Alva One dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Motor ini jadi salah satu produk lokal yang bakal meramaikan pasar motor tahun ini.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Alva One dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Motor ini jadi salah satu produk lokal yang bakal meramaikan pasar motor tahun ini.

Manuver dengan motor ini terbilang mudah dan ringan. Satu kendala mungkin dari permukaan jalan yang licin, membuat kami lebih berhati-hati saat mengendarainya.

Dibandingkan motor listrik asal China kebanyakan, Alva One yang diklaim sudah produksi lokal ini, memberikan pengalaman berkendara lebih baik.

Akselerasi terbilang halus dan linear. Bukaan gas motor bisa diurut mirip dengan motor ICE (Internal Combustion Engine), tidak langsung terbuka spontan.

Baca juga: Tenaga Kebersihan Kerja 16 Jam di GIIAS 2022 demi Honor Musiman

Motor listrik ini juga punya tiga mode berkendara yang bisa diatur sesuai selera. Secara umum modenya terdiri dari eco, normal, satu lagi dengan performa yang lebih kuat.

Ketika dicoba di trek terbatas, terasa perbedaan di antara ketiga mode tersebut. Namun menurut kami mode eco-nya sudah cukup untuk dipakai pada rute perkotaan.

Adapun mengenai bantingan suspensi dan handling-nya belum bisa kami eksplor lebih jauh, lagi-lagi karena trek pengetesan yang terbatas. Termasuk juga soal kehematan konsumsi daya baterainya yang belum bisa diuji maksimal.

Baca juga: Toyota Tanggapi Kemunculan Daihatsu Ayla EV di GIIAS 2022

Area setang motor listrik Alva OneKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Area setang motor listrik Alva One

Untuk diketahui, Alva One menggunakan hub drive motor bertenaga maksimum sekitar 4,8 kW atau setara 5,7 PS (5,5 tk), serta torsi maksimum 46 Nm.

Motor listrik ini memiliki pengisian baterai yang dapat dilakukan secara langsung dari motor, atau dengan melepas baterai.

Selain itu, Alva One mengusung tipe baterai lithium dengan kapasitas baterai 60 V 45 A (2,7 kWh).

Baca juga: Daftar Diskon Mobil Murah LCGC di GIIAS, Tembus Rp 10 Juta

Alva OneKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Alva One

Baterai tersebut memiliki bobot 18 kg dan punya fitur proteksi berupa layar IP65, yang aman dari debu dan semprotan air.

Mengenai daya charger, motor ini punya spesifikasi 70.5 V 15 A (1,1 kW). Adapun lama pengisian berada di sekitar 4 jam, dengan minimum daya listrik di rumah 1.300 kWh.

Beranjak ke bagian pengereman, motor ini sudah mengusung double disc brake, yang mampu memberikan performa pengereman yang baik, dengan penambahan fitur CBS (Combine Brake System).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com