Honda Pajang Mobil Balap Formula 1 Milik Max Verstappen di GIIAS 2022

Kompas.com - 20/08/2022, 17:12 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 memamerkan beragam kendaraan, termasuk mobil balap. Salah satunya dipamerkan di booth Honda, mobil balap Formula 1 (F1).

Mobil balap F1 tersebut adalah mobil tim Red Bull Racing Honda RB16B. Mobil ini digunakan oleh Max Verstappen pada musim lalu dan berhasil meraih juara dunia kategori pebalap.

Baca juga: Inspirasi Kalau Honda BR-V Bisa Diajak Main Kamping

Gelar juara dunia ini merupakan yang pertama kalinya untuk Honda di era balap F1 modern atau era F1 turbo hybrid dan juga pertama kali sejak terakhir kali meraih gelar juara dunia di tahun 1991 atau tepat 30 tahun silam.

Mobil balap Formula 1 (F1) milik Red Bull Racing Honda di GIIAS 2022Dok. HPM Mobil balap Formula 1 (F1) milik Red Bull Racing Honda di GIIAS 2022

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director mengatakan, mobil Formula 1 yang ditampilkan merupakan wujud dari kombinasi antara kecintaan Honda terhadap dunia balap dan visi Honda untuk mengembangkan mesin yang lebih ramah lingkungan.

"Kesuksesan tim Red Bull Racing Honda yang menjadi juara dunia dengan menggunakan mobil ini menjadi bukti bahwa mesin turbo hybrid yang ramah lingkungan juga dapat menghasilkan performa luar biasa yang selalu menjadi karakter mesin-mesin Honda," ujar Yusak, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Brio Mendominasi SPK Honda di GIIAS 2022

Red Bull Racing Honda menggunakan sasis mobil dengan kode RB16B serta menggunakan mesin turbo hybrid Honda berkode RA621H. Honda mulai mengembangkan mesin balap berteknologi turbo hybrid untuk ajang balap Formula 1 sejak tahun 2014 seiring dengan regulasi teknis di ajang balap Formula 1.

Mobil balap Formula 1 (F1) milik Red Bull Racing Honda di GIIAS 2022Dok. HPM Mobil balap Formula 1 (F1) milik Red Bull Racing Honda di GIIAS 2022

Mesin turbocharged dari Honda ini mempunyai kapasitas mesin 1.6 Liter, berinjeksi segaris, enam silinder (V6), dilengkapi dengan Honda kinetic and thermal energy recovery system. Sehingga, dapat menghasilkan tenaga maksimum 900 tk serta putaran mesin maksimum 15.000 rpm.

Mobil F1 yang ditampilkan menggunakan livery khusus dengan corak warna korporat Honda, yaitu putih dan merah, serta bertuliskan kata-kata Arigatou dalam bahasa Jepang atau Terima Kasih dalam bahasa Indonesia.

Mobil balap Formula 1 (F1) milik Red Bull Racing Honda di GIIAS 2022Dok. HPM Mobil balap Formula 1 (F1) milik Red Bull Racing Honda di GIIAS 2022

Livery khusus ini disiapkan oleh Honda sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih, sekaligus perpisahan kepada para penggemar balap khususnya ajang balap F1.

Setelah mundur dari F1 pada akhir 2021, Honda kemudian menunjuk Honda Racing Corporation (HRC) dalam melanjutkan peranan Honda di ajang balap F1 untuk mengembangkan dan menyuplai mesin balapnya kepada tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri mulai 2022.

Pada awal Agustus 2022, Honda dan Red Bull telah mengumumkan untuk melanjutkan kerjasama dalam bidang teknis, di mana HRC memutuskan untuk menyuplai mesin balap (power unit) untuk kedua tim hingga akhir 2025.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.