Kompas.com - 20/08/2022, 17:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Bearing merupakan komponen yang umumnya hadir pada kendaraan. Biasanya bearing bisa ditemukan di komponen kaki-kaki sampai ke mesin.

Layaknya komponen lain, bearing juga punya usia pakai. Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga keawetan bearing pada kendaraan.

Muhammad Abiyyu Hanif, Application Engineer PT SKF Indonesia mengatakan, bearing bisa diperpanjang usianya. Pertama adalah dengan menjaga kebersihan dan cara pemasangannya.

Baca juga: Ubah Interior Fortuner Jadi Seperti Alphard Rogoh Kocek Rp 130 Juta

Bearing pada sepeda motor.Ghulam/Otomania Bearing pada sepeda motor.

"Cara pemasangan yang salah bisa buat bearing cepat rusak. Kedua, kalau suka lihat bearing dikasih gemuk, itu sebenarnya tidak boleh sembarangan," ucapnya di Tangerang, Sabtu (20/8/2022).

Hanif menjelaskan, di pabrik bearing, sudah ditentukan berapa gram gemuk yang diaplikasikan. Jadi tidak boleh ditambah atau dikurangi sendiri.

"Ketiga adalah jalan yang berlubang itu memperpendek umur bearing. Terakhir adalah jangan dipakai bawa beban berlebih," kata dia.

Baca juga: Ragam Bus Medium di GIIAS, Mewah Sampai Jadi Studio Berjalan


Misalnya untuk motor, didesain hanya untuk mengangkut dua orang. Tapi di jalan raya, sering terlihat motor yang membawa tiga orang atau lebih, ini yang memperpendek usia bearing.

"Jadi kalau bisa pakailah sesuai aplikasi dan porsinya," kata Hanif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.