Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SKF Bearing Dukung Mobil untuk Kontes Hemat Energi UI dan UGM

Kompas.com - 20/08/2022, 15:27 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - SKF Bearing memberi dukungan langsung kepada tim UI Supermileage Vehicle Team dan Semar UGM dalam pembuatan mobil yang hemat energi.

Kedua kendaraan dari perguruan tinggi tersebut kerap mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yang dilaksanakan secara nasional dan Shell Eco Marathon yang diikuti peserta seluruh Asia.

Muhammad Abiyyu Hanif, Application Engineer PT SKF Indonesia mengatakan, bentuk dukungan dari perusahaan ke UI dan UGM dari dua sisi.

Baca juga: Yamaha Indonesia Recall WR155R, Ada Masalah di Bearing Roda Depan

Prototipe gasoline UI SUPERMILEAGE VEHICLE TEAMDOK. UI SUPERMILEAGE VEHICLE TEAM Prototipe gasoline UI SUPERMILEAGE VEHICLE TEAM

"Kita support dari dua sisi, secara financial dan bearing. Biasanya teman-teman ini request ke kita, nanti mereka racik sendiri, kita kasih yang terbaik, gesekan paling rendah, biasanya pakai roda keramik," ucapnya di Tangerang, Sabtu (20/8/2022).

Selain itu, SKF juga terbuka untuk berbagai pertanyaan dan diskusi dari UI dan UGM, jadi berbagi pengetahuan. Jadi mereka bisa menciptakan produk yang lebih baik lagi.

"Kita juga sharing knowledge, biasanya tanya bagaimana cara meminimalisir gesekan. kita sangat open untuk berdiskusi, jadi ga cuma material tapi juga ilmu," ucapnya.

Baca juga: Truk Brimob Harga Rp 1 Miliar, Tarik Perhatian Pengunjung GIIAS 2022

Satria dan Ariza dari UI Supermileage Vehicle Team mengatakan, bearing pada kendaraan hemat energi digunakan pada berbagai komponen, seperti di mesin, cranckshaft, dan tentunya roda.

"Bearing dipakai di cranckshaft jadi putarannya lebih ringan, less friction. SKF membantu tim kami sejak 2017, mobil prototipe gasoline catatkan konsumsi bbm 1.143 km per liter," ucapnya.

Selanjutnya untuk tim Semar UGM, SKF sudah mendukung sejak 2019. Bahkan semenjak saat itu, tim turut mendapatkan kemajuan prestasi.

"Bearing sangat berpengaruh pada mileage. Bearing dengan gesekan lebih kecil bakal meningkatkan mileage mobil," ucap Eblin dan Khanza dari tim Semar UGM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com