Kompas.com - 18/08/2022, 08:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - GIIAS 2022 menjadi pameran di mana kembalinya karoseri menjadi peserta. Ada dua pembuat bodi bus yang memboyong bodi dengan kabin selonjoran, yakni Laksana dan Adiputro.

Kalau bahan bodi Laksana, bus selonjorannya diberi nama Legacy SR3 Suites Class. Sedangkan untuk produk Adiputro, bus yang diisi 22 kabin ini punya nama Jetbus 3+ Dream Coach.

Pada kesempatan kali ini, redaksi Kompas.com akan membandingkan kedua bus soal kenyamanan interiornya. Kalau bahas eksteriornya, Laksana memang tampil lebih segar karena memakai generasi terbaru yakni SR3, sedangkan Adiputro masih sama sejak 2020.

Baca juga: Karoseri Adiputro Belum Juga Ekspor Bus ke Luar Negeri

Kabin Legacy SR3 Suites ClassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Legacy SR3 Suites Class

Masuk ke bagian kabin, SR3 Suites Class buatan Laksana kini bisa diisi lebih banyak penumpang. Jika sebelumnya cuma diisi 23 bangku, Suites Class milik PO STJ ini sekarang bisa mengangkut sampai 32 penumpang.

Meningkatnya kapasitasi ini disebabkan bangku selonjor yang kini disusun 2-1. Jadi untuk sisi kanan, ada dua bangku yang didempet, sedangkan di kiri, cuma ada satu bangku selonjoran.

Kalau bahas milik Adiputro, Jetbus Dream Coach cuma bisa diisi 22 penumpang dengan kabin 1-1. Jadi setiap orang punya kabinnya masing-masing, memang terasa lebih private apalagi adanya tirai penutup.

Baca juga: Pilihan 3 Motor Listrik Termurah di GIIAS 2022, Tak Sampai Rp 10 Juta

Kabin Jetbus 3+ Dream CoachKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Jetbus 3+ Dream Coach

Secara model, kabin pribadi yang ada di Jetbus Dream Coach lebih terutup, sedangkan Laksana lebih terbuka atau tembus di bagian atasnya. Tentu ini jadi pilihan masing-masing penumpang, lebih suka tidak terganggu atau senang dengan yang terasa lebih lega.

Soal fitur, kedua bus dilengkapi dengan bangku yang bisa direbah sampai sekitar 145 derajat. Untuk Laksana, pengaturan bangkunya masih manual, sedangkan yang Dream Coach Adiputro, sudah elektrik dengan tombol.

Kabin Jetbus 3+ Dream CoachKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Jetbus 3+ Dream Coach

Selain itu, bangku di bus milik Adiputro sudah dilengkapi dengan fitur pijat atau getar. Lalu, di setiap bangkunya juga dilengkapi dengan filter udara yang membuat penumpang lebih nyaman.

Kedua bus ini juga sudah dilengkapi dengan layar hiburan di setiap bangku. Selain itu, toilet juga tersedia di belakang kabin, tapi harus diingat, toilet di bus bukan untuk buang air besar.

Baca juga: Punya Bus Podcast, Apa Adiputro Buka Pesanan Bus Custom?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.