Pilihan 3 Motor Listrik Termurah di GIIAS 2022, Tak Sampai Rp 10 Juta

Kompas.com - 17/08/2022, 08:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Makin banyak merek sepeda motor listrik masuk Indonesia. Hal ini cukup positif karena bisa mempercepat tren percepatan elektrifikasi yang digaungkan pemerintah.

Berbagai merek baru yang hadir ke pasar membuat pilihan konsumen semakin banyak. Konsumen dapat memilih batas harga yang diinginkan mulai dari kelas entry level, medium, sampai premium yang mahal.

Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, ada motor listrik murah yang harganya di bawah Rp 10 juta sampai Rp 12 juta. Motor-motor itu datang dari satu nama yaitu Exotic E-Bike yang masih satu grup dengan Pacific Bike.

Baca juga: Regulasi Konversi Mobil Konvensional Jadi Mobil Listrik Segera Terbit

Exotic bike memajang tiga motor listrik murah di GIIAS 2022.KOMPAS.com/Gilang Exotic bike memajang tiga motor listrik murah di GIIAS 2022.

Pertama ialah Exotic Sterrato yang dijual Rp 8,5 juta, kemudian Vito yang dijual Rp 9,5 juta dan Mizone dengan harga Rp 11 juta. Semua harga off the road dan hanya berlaku selama GIIAS 2022.

"Kalau di luar GIIAS bisa beda Rp 1 jutaan (lebih mahal). Ini harga off the road (belum sama STNK)," kata salah satu wiraniaga Exotic yang ditemui Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

Wiraniaga itu bersikeras bahwa ketiganya masuk ke dalam kategori sepeda motor bukan sepeda gowes. Cirinya tidak ada pedal sepeda yang menggantung. Tiga motor listrik murah itu juga bisa dibuatkan STNK.

Baca juga: Honda Brio Masih jadi Tulang Punggung Honda di Juli 2022

Menilik spesifikasinya, tiga motor ini memang masuk ke dalam ranah motor. Exotic Vito dan Mizone mengusung dinamo berdaya 1.000 watt sedangkan Sterrato 800 watt, di mana ketiga bisa dikebut sampai 25 kpj.

Hendro Sutono, pegiat dan juru bicara dari Komunitas Sepeda Motor Listrik (Kosmik) juga mengatakan bahwa ketiga model itu masuk ranah motor listrik, dan merupakan motor listrik termurah di GIIAS 2022.

"Motor itu masuknya, karena kecepatannya bisa di atas 25 kpj (sepeda listrik diatur Peraturan Menteri Perhubungan No 45 Tahun 2020)," kata Hendro kepada Kompas.com, di lokasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.