Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adu Bus Selonjoran SR3 Suites Class Vs Jetbus Dream Coach

TANGERANG, KOMPAS.com - GIIAS 2022 menjadi pameran di mana kembalinya karoseri menjadi peserta. Ada dua pembuat bodi bus yang memboyong bodi dengan kabin selonjoran, yakni Laksana dan Adiputro.

Kalau bahan bodi Laksana, bus selonjorannya diberi nama Legacy SR3 Suites Class. Sedangkan untuk produk Adiputro, bus yang diisi 22 kabin ini punya nama Jetbus 3+ Dream Coach.

Pada kesempatan kali ini, redaksi Kompas.com akan membandingkan kedua bus soal kenyamanan interiornya. Kalau bahas eksteriornya, Laksana memang tampil lebih segar karena memakai generasi terbaru yakni SR3, sedangkan Adiputro masih sama sejak 2020.

Masuk ke bagian kabin, SR3 Suites Class buatan Laksana kini bisa diisi lebih banyak penumpang. Jika sebelumnya cuma diisi 23 bangku, Suites Class milik PO STJ ini sekarang bisa mengangkut sampai 32 penumpang.

Meningkatnya kapasitasi ini disebabkan bangku selonjor yang kini disusun 2-1. Jadi untuk sisi kanan, ada dua bangku yang didempet, sedangkan di kiri, cuma ada satu bangku selonjoran.

Kalau bahas milik Adiputro, Jetbus Dream Coach cuma bisa diisi 22 penumpang dengan kabin 1-1. Jadi setiap orang punya kabinnya masing-masing, memang terasa lebih private apalagi adanya tirai penutup.

Secara model, kabin pribadi yang ada di Jetbus Dream Coach lebih terutup, sedangkan Laksana lebih terbuka atau tembus di bagian atasnya. Tentu ini jadi pilihan masing-masing penumpang, lebih suka tidak terganggu atau senang dengan yang terasa lebih lega.

Soal fitur, kedua bus dilengkapi dengan bangku yang bisa direbah sampai sekitar 145 derajat. Untuk Laksana, pengaturan bangkunya masih manual, sedangkan yang Dream Coach Adiputro, sudah elektrik dengan tombol.

Selain itu, bangku di bus milik Adiputro sudah dilengkapi dengan fitur pijat atau getar. Lalu, di setiap bangkunya juga dilengkapi dengan filter udara yang membuat penumpang lebih nyaman.

Kedua bus ini juga sudah dilengkapi dengan layar hiburan di setiap bangku. Selain itu, toilet juga tersedia di belakang kabin, tapi harus diingat, toilet di bus bukan untuk buang air besar.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/18/082200615/adu-bus-selonjoran-sr3-suites-class-vs-jetbus-dream-coach

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke