Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Masih Pilih Impor Mobil Dibanding Rakit Lokal

Kompas.com - 16/08/2022, 13:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com – PT Kreta Indo Artha (KIA) memboyong lima mobil baru di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Kamis (11/8/2022). Kelima mobil baru tersebut adalah Kia Sportage, Kia Carens, Sorento HEV,Niro EV dan Kia EV6.

Meski sudah banyak produk yang ditawarkan, Kia masih memilih untuk impor utuh (CBU) mobilnya daripada merakit ulang di Indonesia.

Ario Soerjo, Marketing & Devlopment Section Head PT Kreta Indo Artha mengatakan, terkait perakitan mobil baru, pihaknya masih memikirkan langkah panjang untuk perakitan secara lokal di Indonesia.

Baca juga: Kembali ke Indonesia, Chery Pilih SUV Dibanding MPV

“Perakitan lokal itu, untuk Carens dan unit lainnya akan bergantung pada economy off skill. Kalau jualannya makin banyak maka akan kita pelajari. Jika sudah ada jumlah tertentu, yang baru masuk akal bisa dibikin CKD,” kata Ario di GIIAS 2022, Senin (16/8/2022).

Ario menegaskan, bila pihaknya sudah lapor ke perindustrian tentang rencana harus punya mobil CKD. Untuk KIA sendiri, karena KIA bagian di Indomobil grup sehingga sudah punya pabrik mobil yang siap dipakai untuk perakitan.

Kia Sorento HEVKompas.com/Adityo Kia Sorento HEV

 Baca juga: Suzuki Siapkan 7 SUV Baru sampai Tahun 2025

Dari lima model mobil baru tersebut, Ario belum bisa menyebutkan yang mana akan lebih dulu dikerjakan.

Namun saat ini sedang dipelajari beberapa model, guna mengetahui mana yang paling bisa kerjakan segera untuk produksi perakitan dalam negeri.

Nantinya ada kemungkinan model tersebut akan bisa dijalankan lebih dulu dalam volume yang kecil.

“Kita udah mulai studi dari bulan Mei tahun lalu, harapannya di tahun 2023 ini ada kejelasan kapan akan dimulai untuk produksi lokal,” kata Ario.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com