Freon Penuh, tapi Kenapa AC Mobil Masih Tidak Dingin?

Kompas.com - 16/08/2022, 11:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Freon merupakan elemen utama yang mampu menyejukan udara di dalam kabin suatu kendaraan. Maka dari itu, freon perlu selalu dipastikan cukup agar performa AC mobil tetap dingin.

Meski freon merupakan elemen utama dalam proses penyejukan udara di dalam kabin, AC yang tidak dingin bisa disebabkan oleh hal lain. Kadang freon sudah terisi penuh, tapi tetap saja AC kurang dingin.

Tentu saja, freon tanpa sistem AC yang baik tidak mampu menyejukkan kabin. Lantas, apa saja sih yang menyebabkan AC tidak dingin ketika freon sudah penuh?

Baca juga: Tanda-tanda AC Mobil Kekurangan Freon

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Pemilik Abadi Teknik Spesialis AC Mobil Wahyu, mengatakan ada banyak hal yang menyebabkan AC tidak dingin meski freon sudah terisi penuh.

“Bisa jadi dari kelistrikan, itu ditandai dengan magnetic clutch yang tidak mau aktif, dari situ bisa ditelusuri apa yang menyebabkan magnetic clutch tidak aktif padahal sakelar AC sudah on, bisa saja dari saklar AC, fuse, relay, kabel, magnetic clutch, RPS atau ECU,” ucap Wahyu kepada Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Dia mengatakan semua elemen elektrikal akan saling berhubungan dan saling mempengaruhi guna menunjang kinerja AC mobil yang efektif.

Baca juga: Benar atau Tidak, Kekurangan Freon Bisa Bikin AC Mobil Rusak

Ekstra Fan AC Mobil Kompas.com Ekstra Fan AC Mobil

“Jika kelistrikannya bagus, freon penuh, tapi AC tetap tidak dingin, maka perlu diperiksa apakah aliran freon pampat atau tidak, biasanya drier mudah pampat karena itu merupakan saringan,” ucap Wahyu.

Dia juga mengatakan kipas pendingin juga bisa mempengaruhi karena freon perlu didinginkan di kondensor sebelum sampai ke katup ekspansi. Kipasnya sendiri biasanya ada dua, khusus untuk AC terpisah namun keduanya akan bekerja ketika AC aktif.

“Kipas sangat menentukan, karena sistem AC dilengkapi kipas khusus, ekstra fan namanya, jadi memang kalau freon kurang dingin karena kipasnya mati, maka kinerja AC mobil menjadi kurang optimal,” ucap Wahyu.

Jadi, selain freon AC mobil juga membutuhkan sistem yang bagus untuk menunjang kinerja yang optimal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.