Kompas.com - 16/08/2022, 09:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia) resmi meluncurkan Subaru XV di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mobil ini dibangun menggunakan mesin yang sama dengan All New Forester.

XV dibekali dengan mesin Subaru Boxer 4-silinder, 2.0 L, yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 153,8 tk dan torsi 196 Nm. Tenaganya disalurkan melalui transmisi Lineartronic CVT 7-percepatan.

Baca juga: 10 Unit Subaru BRZ Diklaim Terjual Hanya Dalam 1 Jam di GIIAS 2022

Sistem transmisi tersebut tersambung juga dengan sistem Symmetrical All Wheel Drive (S-AWD) dan X-Mode terbaru. Lalu, disematkan juga beragam teknologi canggih dari EyeSight.

Interior All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Interior All New Subaru Forester S-EyeSight

Ada banyak kesamaan antara XV dengan All New Forester. Selain mesin dan fitur, beberapa bagiannya juga masih sama.

Ismail Ashlan, Marketing Communication Manager Subaru Indonesia, mengatakan, salah satu keunggulan utama Subaru adalah common parts di beberapa model.

Baca juga: Ulas Spesifikasi All New Subaru XV untuk Pasar Indonesia

"Kalau di global dan generasi sebelumnya, sudah dikonfirmasi antara XV, Forester, dan Outback, common parts-nya cukup banyak," ujar Ismail, kepada wartawan, di ICE BSD, Senin (15/8/2022).

Mesin All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Mesin All New Subaru Forester S-EyeSight

Ismail menambahkan, itu juga jadi pertimbangan Subaru Indonesia bahwa suku cadang dan layanan purna jual itu adalah fokus dan nyawa dari satu merek di Indonesia.

"Sebab, kita mau kasih enjoyment dan peace of mind dari customer. Jadi, dengan adanya common parts itu, kita menjalankan dan mengoperasikan brand ini dengan lebih baik lagi," kata Ismail.

Test drive All New Subaru Forester S EyeSightKompas.com/Adityo Test drive All New Subaru Forester S EyeSight

"Contoh, jika kita menyediakan kampas rem untuk XV, itu dapat digunakan untuk Forester dan Outback. Jadi, konsumen tidak perlu takut akan kekurangan kampas rem. Sebab, otomatis sebagai pabrikan akan memiliki stok yang lebih banyak, karena itu common parts," ujarnya.

Ismail mengatakan, jika dasbor XV dan All New Forester terlihat sama dan mesinnya kelihatan sama, itu bukan kelihatannya saja, tapi memang benar-benar sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.