Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap

Kompas.com - 15/08/2022, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bau tidak sedap di dalam kabin bisa terjadi kapan saja dan dari sumber mana saja. Hanya saja, sebagian besar sumber bau adalah dari AC mobil. Hal itu bisa terjadi lantaran udara di dalam kabin selalu bersirkulasi ketika AC bekerja.

Selain itu, bau yang tidak sedap dari AC akan diterima oleh penumpang secara langsung karena udara diembuskan menggunakan blower ke arah penumpang. Hal itu membuat bau yang tidak sedap dari AC akan mudah terdeteksi.

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun Agus Setiawan, mengatakan penyebab AC mobil bau bisa dari banyak hal, secara umum sih ada di filter kabin.

Baca juga: Cara Bikin Usia AC Mobil Lebih Awet

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

“Jika filter kabin kotor, maka angin yang diembuskan akan beraroma apek, tentu itu membuat penumpang tidak nyaman,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Dia mengatakan jika filter kabin dikotori oleh debu-debu saja bisa menimbulkan bau apek, terlebih lagi di filter tersebut ada kotoran lain yang mudah membusuk seperti benda asing.

“Bisa saja ada bangkai cicak, tikus dan sejenisnya, itu pasti bisa menyebabkan AC bau tidak sedap dan sangat mengganggu,” ucap Agus.

Baca juga: Mengenal Fungsi Sight Glass pada AC Mobil

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Dia mengatakan beberapa kali sempat menjumpai ada benda asing yang menempel di filter kabin. Mulai dari bangkai, sisa makanan dan sejenisnya.

“Untuk mencegah bau tidak sedap di dalam kabin, usahakan untuk jangan makan makanan di dalam kabin, khususnya makanan yang memiliki bau tajam seperti durian, bawang dan sejenisnya,” ucap Agus.

Dia juga mengatakan asap rokok juga bisa menyebabkan AC mobil bau karena asap rokok cenderung menempel di filter kabin.

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Mengganti Drier AC Mobil?

Ilustrasi AC MobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC Mobil

Perlu diketahui, filter kabin terletak di dekat evaporator. Komponen ini bertugas menyaring udara sejuk sebelum diembuskan ke dalam kabin. Maka dari itu wajar saja jika filter kabin sangat sensitif, ada kotoran sedikit saja bisa menyebabkan bau pada seluruh kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com