Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIF Group Siapkan Kredit Motor Listrik Mulai Tahun Depan

Kompas.com - 15/08/2022, 07:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Sebagai perusahaan leasing yang membiayai motor-motor Honda, PT Federal International Finance (FIF) belum mengeluarkan skema pembiyaan buat motor listrik. Namun hal tersebut diklaim sudah menjadi agenda perseroan pada tahun depan.

Antony Sastro Jopoetro, Direktur Marketing FIF, mengatakan, pihaknya sudah siap untuk pembiayaan motor listrik.

“Kita pun sudah ada proyek mencoba membiayai, tapi belum banyak. Proyek ini adalah untuk mengetahui dulu sampai mana sih permintaan EV,” ujar Antony di ICE BSD City (13/8/2022).

Baca juga: Intip Deretan Motor Listrik yang Ada di GIIAS 2022

PCX ElectricFoto: Istimewa PCX Electric

Next kalau tidak salah dan tidak ada aral melintang, itu mungkin di sepeda motor Honda, mereka akan segera coba di tahun 2023 paling cepat atau mendekati 2024. Intinya mereka akan keluarkan beberapa tipe untuk kami biayakan,” kata dia.

Menurutnya, pembiayaan motor listrik agak berbeda dengan motor konvensional dengan internal combustion engine.

Motor listrik punya isu pada daya tahan baterai. Hal inilah yang ingin diatasi FIF fGroup agar konsumen terbebas dari rasa khawatir.

Baca juga: Bicara Status Daihatsu Ayla EV yang Curi Perhatian di GIIAS 2022

“Ada beberapa skema yang sudah kita coba, dan sudah kita simulasi. Kami akan membiayai motor dengan akinya atau baterainya sekalian. Apabila baterai ini besok garansi habis, dia akan mendapatkan penggantian,” ucap Antony.

“Dan yang saya tahu persis, aki atau baterai ini harus sinkronisasi dengan motor bersangkutan. Jadi kalau aki ini tidak sinkron, ini tidak bisa hidup. Jadi itu keamanan untuk pembiayaan motor itu sendiri juga, membuat kita lebih tenang,” tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com