Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2022, 07:12 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com – Sebagai perusahaan leasing yang membiayai motor-motor Honda, PT Federal International Finance (FIF) belum mengeluarkan skema pembiyaan buat motor listrik. Namun hal tersebut diklaim sudah menjadi agenda perseroan pada tahun depan.

Antony Sastro Jopoetro, Direktur Marketing FIF, mengatakan, pihaknya sudah siap untuk pembiayaan motor listrik.

“Kita pun sudah ada proyek mencoba membiayai, tapi belum banyak. Proyek ini adalah untuk mengetahui dulu sampai mana sih permintaan EV,” ujar Antony di ICE BSD City (13/8/2022).

Baca juga: Intip Deretan Motor Listrik yang Ada di GIIAS 2022

PCX ElectricFoto: Istimewa PCX Electric

Next kalau tidak salah dan tidak ada aral melintang, itu mungkin di sepeda motor Honda, mereka akan segera coba di tahun 2023 paling cepat atau mendekati 2024. Intinya mereka akan keluarkan beberapa tipe untuk kami biayakan,” kata dia.

Menurutnya, pembiayaan motor listrik agak berbeda dengan motor konvensional dengan internal combustion engine.

Motor listrik punya isu pada daya tahan baterai. Hal inilah yang ingin diatasi FIF fGroup agar konsumen terbebas dari rasa khawatir.

Baca juga: Bicara Status Daihatsu Ayla EV yang Curi Perhatian di GIIAS 2022

“Ada beberapa skema yang sudah kita coba, dan sudah kita simulasi. Kami akan membiayai motor dengan akinya atau baterainya sekalian. Apabila baterai ini besok garansi habis, dia akan mendapatkan penggantian,” ucap Antony.

“Dan yang saya tahu persis, aki atau baterai ini harus sinkronisasi dengan motor bersangkutan. Jadi kalau aki ini tidak sinkron, ini tidak bisa hidup. Jadi itu keamanan untuk pembiayaan motor itu sendiri juga, membuat kita lebih tenang,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.