Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Speaker Baru Focal Slatefiber dan Auditor Series

Kompas.com - 14/08/2022, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Memanfaatkan ajang GIIAS 2022, Focal Car Audio asal Perancis yang berada di bawah naungan PT Audioworkshop resmi meluncurkan produk baru line-up performance, yakni Slatefiber Series.

Ada dua tipe yang dirilis, PS 165 SF (2way componen kit) dan PC 165 SF (2way coaxial kit). Slatefiber dikembangkan Focal JM Lab pada 2019, dan hadir perdana di Tanah Air pada tahun ini.

Wahyu Tanuwidjaja CEO PT Audioworkshop mengatakan, Slatefiber memiliki keunikan material di bagian konus yang merupakan merupakan recycle karbon dengan proses press thermoplastic. Hal tersebut diklaim membuat hasil dari proses produk lebih rigid.

"Slatefiber menggabungkan teknologi Focal terbaru, karakteristiknya lebih dinamis dengan tampilan yang tetap terlihat elegan dan mewah ala Focal," ucap Wahyu, dalam seremoni peluncuran di GIIAS 2022, Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: Benarkah Modifikasi Audio Bikin BBM Mobil Jadi Boros?

"Kalau yang kita tahu carbon fiber biasanya dianyam, dengan teknologi Slatefiber hasil press akan menghasilkan material konus yang lebih rigid dan menghasilkan suara yang soft di bagian midrange," katanya.

Focal SlatefiberKOMPAS.com/STANLY RAVEL Focal Slatefiber

Tipe PS 165 F terdiri dari midbass berukuran 6.5 inci dan tweeter berbahan inverted dome dan dilengkapi pasif yang dibanderol Rp 9.487.500. Uniknya pasif dibuat terpisah khusus untuk tweeter dan midbass dengan desain cover pasif yang bisa disatukan.

PC 165 F juga memiliki desain konus elegan “efek batu marmer” dengan kualitas tweeter yang sama dengan 2way komponennya dan dijual sebesar Rp 8,5 juta.

Baik PS 165 F dan PC 165 SF menawarkan performa suara terbaik, desain yang kompak, instalasi mudah, dan dapat disesuaikan karena dilengkapi braket khusus tweeter untuk memudahkan pemasangan.

Baca juga: Bicara Status Daihatsu Ayla EV yang Curi Perhatian di GIIAS 2022

Selain Slatefiber, penyegaran juga dilakukan untuk lini produk entry level yakni Auditor Series yang menggabungkan pengembangan teknologi baru dengan hasil kualitas suara yang diklaim lebih baik namun tetap dengan harga kompetitif.

Speaker Focal AuditorAudioworkshop Speaker Focal Auditor

Material menjadi bagian pembaruan pada New Auditor yang akan berkontribusi pada hasil suara, konus berbahan Polypropylene, Mylar inverted dome tweeter, ‘U’ shaped surround, dudukan rangka berbahan baja, finishing tweeter full hitam, dan dilengkapi gril berbentuk jaring.

Focal Auditor terdiri dari 2way component speaker dengan tipe, ASE 165, ASE 165 S, dan ASE 130 dengan woofer 5 1/8".d

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com