Benarkah Modifikasi Audio Bikin BBM Mobil Jadi Boros?

Kompas.com - 05/08/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Selain mengganti pelek dengan dimensi lebih besar dan upgrade mesin, ada anggapan memodifikasi sistem audio ternyata juga bisa berdampak pada efisiensi bahan bakar mobil.

Apalagi bila modifikasi audio yang dimaksud tak sekadar mengganti head unit, tapi sampai menyematkan beberapa perangkat tambahan, seperti power, capasitor bank, sampai subwoofer dengan boksnya.

Kondisi tersebut menyebabkan bobot kendaraan bertambah. Lantas apakah benar demikian?

Baca juga: Bahaya Laten, Asal Pasang Aksesori Kelistrikan pada Mobil

Kepala Bengkel KIA Motor Semarang Heru Winarno mengatakan, tambahan audio dan kelistrikan lain tidak ada pengaruh langsung ke konsumsi bahan bakar, tapi lebih ke beban arus listrik. 

Modifikasi audio mobil, lampu, dan klakson beban arus listrik yang dibutuhkan lebih besar dari standar. Voltase aki dibesarkan agar suplai arus listrik ke perangkat audio lancar. 

Pilihan produk audio mobil di bengkel Sterindo Autosound di Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan (28/3/2022).KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pilihan produk audio mobil di bengkel Sterindo Autosound di Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan (28/3/2022).

Tak hanya itu saja, agar pengisian daya aki lebih maksimal, alternator ikut diganti ukuran lebih besar. 

"Modifikasi audio dan kelistrikan tidak ada pengaruhnya sama konsumsi BBM, tetap wajar tidak lebih boros. Hubungannya arus pengisian, kalau tidak mampu bisa tekor terus," kata Heru kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022). 

Kelistrikan mobil standar tidak mampu mengimbangi beban listrik dari aksesoris tambahan. Aki jadi kurang setrum dan paling sering mobil tidak kuat starter. 

"Aki jadi lebih sering drop dan tiap starter pagi hari kebutuhan daya untuk memutar motor dinamo starter jadi kurang," katanya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.