Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2022, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.comMotor listrik Alva One resmi diluncurkan Ilectra Motor Group (IMG) pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Bisnis baru dari Grup Indika Energy ini merupakan hasil pengembangan perusahaan energi masuk ke industri kendaraan listrik.

Desain Alva One ditargetkan untuk konsumen urban mobility, yang mana motor ini dirancang menggunakan hub drive motor, alias tidak memakai drive belt.

Seperti diketahui, hub drive motor pada motor listrik memiliki performa tinggi yang mampu memberikan kecepatan tinggi.

Baca juga: 30 Mobil Baru Meluncur di GIIAS 2022

Motor listrik Alva OneKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik Alva One

Posisi motor dinamo yang terletak di roda belakang memungkinkan pemberian tenaga langsung dari motor dinamo ke roda tanpa menggunakan transmisi.

Di atas kertas, motor listrik ini memiliki daya maksimum sekitar 4,8 kW atau setara 5,7 PS (5,5 tk), serta torsi maksimum 46 Nm.

Adapun baterai motor ini diklaim dapat digunakan untuk jarak tempuh yang cukup jauh. Di mana pengisian baterai juga dapat dilakukan secara langsung dari motor atau dengan melepas baterai.

Baca juga: Mobil Listrik Ayla EV Hasil Kreasi Litbang Daihatsu Indonesia

Seperti diketahui, Alva One mengusung tipe baterai lithium dengan kapasitas baterai 60 V 45 A (2,7 kWh). Baterai tersebut memiliki bobot 18 kg dan punya fitur proteksi berupa layar IP65, yang aman dari debu dan semprotan air.

Mengenai daya charger, motor ini punya spesifikasi 70.5 V 15 A (1,1 kW). Sementara lama pengisian berada di sekitar 4 jam, dengan minimum daya listrik di rumah 1.300 kWh.

Beranjak ke bagian pengereman, motor ini sudah mengusung double disc brake dan CBS, yang mampu memberikan performa pengereman yang baik, dengan penambahan fitur CBS (Combine Brake System).

Baca juga: Suzuki S-Presso Resmi Meluncur di GIIAS 2022, Dijual Mulai Rp 155 Juta

Tampilan baterai motor listrik Alva OneKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tampilan baterai motor listrik Alva One

Nantinya, pengguna motor dapat mengaktifkan rem depan dan belakang secara bersamaan hanya dengan menekan pedal rem belakang.

Kemudian, fitur CBS menghasilkan sinkronisasi rem depan dan belakang sehingga jarak pengereman menjadi lebih pendek.

Seperti skutik kebanyakan, Alva One juga punya Side Stand Safety, yakni sistem pengaman yang aktif apabila Side Stand ditegakkan. Saat fitur tersebut aktif, motor ini tidak akan bisa diubah dari kondisi parkir ke kondisi siap digunakan.

Baca juga: New Mitsubishi Xpander Cross Resmi Meluncur di GIIAS 2022

Area setang motor listrik Alva OneKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Area setang motor listrik Alva One

Sebagai pengaman tambahan, Alva One memiliki teknologi smart key dengan fitur untuk mengunci dan menyalakan motor tanpa harus memasukkan kunci fisik.

Terakhir, terdapat juga Aplikasi Alva untuk memberikan pengalaman terbaik pengguna dalam mengendarai motor listrik dengan menawarkan fitur penunjang sebagai bagian dari ekosistem melalui aplikasi Alva.

Melalui aplikasi tersebut, konsumen bisa melakukan akses ke remote on/off, Bike Sharing Access, GPS Locator & Tracker, Battery Monitoring, lokasi charging station, Alva Experience Center Locator, Alva Roadside Assistance, hingga Monthly Saving Estimator.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com