Kompas.com - 12/08/2022, 10:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.comMotor listrik Alva One resmi diluncurkan Ilectra Motor Group (IMG) pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Bisnis baru dari Grup Indika Energy ini merupakan hasil pengembangan perusahaan energi masuk ke industri kendaraan listrik.

Desain Alva One ditargetkan untuk konsumen urban mobility, yang mana motor ini dirancang menggunakan hub drive motor, alias tidak memakai drive belt.

Seperti diketahui, hub drive motor pada motor listrik memiliki performa tinggi yang mampu memberikan kecepatan tinggi.

Baca juga: 30 Mobil Baru Meluncur di GIIAS 2022

Motor listrik Alva OneKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik Alva One

Posisi motor dinamo yang terletak di roda belakang memungkinkan pemberian tenaga langsung dari motor dinamo ke roda tanpa menggunakan transmisi.

Di atas kertas, motor listrik ini memiliki daya maksimum sekitar 4,8 kW atau setara 5,7 PS (5,5 tk), serta torsi maksimum 46 Nm.

Adapun baterai motor ini diklaim dapat digunakan untuk jarak tempuh yang cukup jauh. Di mana pengisian baterai juga dapat dilakukan secara langsung dari motor atau dengan melepas baterai.

Baca juga: Mobil Listrik Ayla EV Hasil Kreasi Litbang Daihatsu Indonesia

Seperti diketahui, Alva One mengusung tipe baterai lithium dengan kapasitas baterai 60 V 45 A (2,7 kWh). Baterai tersebut memiliki bobot 18 kg dan punya fitur proteksi berupa layar IP65, yang aman dari debu dan semprotan air.

Mengenai daya charger, motor ini punya spesifikasi 70.5 V 15 A (1,1 kW). Sementara lama pengisian berada di sekitar 4 jam, dengan minimum daya listrik di rumah 1.300 kWh.

Beranjak ke bagian pengereman, motor ini sudah mengusung double disc brake dan CBS, yang mampu memberikan performa pengereman yang baik, dengan penambahan fitur CBS (Combine Brake System).

Baca juga: Suzuki S-Presso Resmi Meluncur di GIIAS 2022, Dijual Mulai Rp 155 Juta

Tampilan baterai motor listrik Alva OneKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tampilan baterai motor listrik Alva One

Nantinya, pengguna motor dapat mengaktifkan rem depan dan belakang secara bersamaan hanya dengan menekan pedal rem belakang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.