Kompas.com - 12/08/2022, 06:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kalau industri otomotif nasional punya tingkat ketahanan yang besar untuk menghadapi ketidakp astian ekonomi pada 2023 mendatang.

Hal tersebut, seiring dengan potensi yang dimilikinya seperti rasio kepemilikan kendaraan bermotor yang masih punya peluang besar untuk tumbuh dan juga positifnya aktivitas manufaktur usai terdampak pandemi Covid-19.

"Kita jelas menghadapi perfect storm di masa mendatang. Namun, tidak perlu khawatir, The Futurse is Bright, mobil ada lampunya," kata dia di GIIAS 2022, BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: New Mitsubishi Xpander Cross Resmi Meluncur di GIIAS 2022

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berpose dengan Daihatsu Ayla EV di GIIAS 2022Donny Dwi/Kompas.com Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berpose dengan Daihatsu Ayla EV di GIIAS 2022

"Pasar kendaraan bermotor Indonesia itu potensial. Bisa dilihat dari rasio 99 mobil per-1.000 penduduk. Kemudian penjualan mobil mayoritas di angka Rp 200 juta sampai Rp 300 juta dengan GDP Indonesia 4.000 dollar AS," lanjut Airlangga.

Sebagai bukti, kata dia lagi, pada kuartal dua tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat meningkat 5,44 persen dibanding periode sama tahun lalu. Adapun salah satu pendukung terbesar, datang dari manufaktur dan industri otomotif.

Kondisi ini, sedikit banyak berkat pemberian insentif diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) di sektor otomotif. Sehingga, bisa menggerakkan produksi dan penjualan mobil yang sempat terdampak selama masa pandemi Covid-19.

"Kalau kita lihat pertumbuhan ekonomi kuartal dua 5,44 persen, pertumbuhan ini salah satu tertinggi tentunya berterima kasih salah satunya ya otomotif," lanjut dia.

Baca juga: Airlangga Bergeming Ditanya Kendaraan Listrik di Instansi Pemerintahan

Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto resmi membuka GIIAS 2022, di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (11/8/2022)Janlika Putri/Kompas.com Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto resmi membuka GIIAS 2022, di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (11/8/2022)

Kemudian penjualan mobil pada 2021 moncer dengan catatan 887.220 unit, ini naik pesat sebesar 66 persen dari 2020 yang cuma 532.407 unit.

Sementara di semester satu tahun ini penjualan mobil juga terekam meningkat yaitu 475.321 unit atau naik 20,8 persen dari periode sama 2021.

Diharapkan dengan penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, industri otomotif terus semakin tumbuh hingga dapat mencapai target penjualan tahun ini yakni 900.000 unit.

"Saya rasa, pameran GIIAS tahun ini berbeda karena kendaraan listriknya relatif lebih banyak dari sebelum-sebelumnya," ucap Airlangga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.