Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Toyota Soal Nasib Toyota Vios di Indonesia

Kompas.com - 12/08/2022, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.comMuncul rumors kalau Toyota Indonesia akan menghentikan produksi dan penjualan Vios di Tanah Air. Hal ini seiring dengan kemunculan model terbaru Yaris Ativ atau Vios di Thailand, belum lama ini.

Kehadiran model baru Vios ini kabarnya akan langsung diadaptasi, baik itu oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), maupun PT Toyota Astra Motor (TAM).

Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN, mengatakan, produksi Vios generasi terbaru menunggu perintah dari TAM.

Baca juga: Mobil Listrik Ayla EV Hasil Kreasi Litbang Daihatsu Indonesia

Toyota Yaris Ativ alias Vios generasi terbaruDok. Toyota Thailand Toyota Yaris Ativ alias Vios generasi terbaru

Selain itu, Toyota juga memiliki kebijakan first SOP Country, yakni prioritas model yang diproduksi di sebuah negara. Misalkan, Vios itu menjadi prioritas di Thailand, sementara Innova merupakan prioritas Indonesia.

“Jadi masing-masing negara punya (prioritas). Kalau sudah berhasil, baru produksi di tempat lain,” ujar Bob, saat ditemui di ICE BSD City, Tangerang (11/8/2022).

“Karena kita kan harus prioritaskan mana yang harus diproduksi. Sehingga kita bisa tekan harga dan material. Kalau enggak efisiensi, pusing kita, naiknya 80 persen. Nanti kita tunggu TAM. Kalau produksi kan menunggu market,” kata dia.

Baca juga: 30 Mobil Baru Meluncur di GIIAS 2022

Bob juga menambahkan, minimnya kemungkinan Vios model baru bisa kembali produksi di dalam negeri bukan sebatas faktor penjualannya yang sedikit.

“Jadi mana yang kita prioritaskan. Ada model-model baru, ada yang ekspor dan lainnya. Kita prioritaskan mana yang lebih efisien. (Yang prioritas) yang domestik gede, ekspor gede, itu nomor satu. Prioritas nomor dua, domestiknya gede. Prioritas nomor tiga, ekspornya gede,” ucap Bob.

Sementara itu, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, mengatakan, pihaknya masih melanjutkan penjualan Vios untuk sekarang dan seterusnya.

Baca juga: Suzuki S-Presso Resmi Meluncur di GIIAS 2022, Dijual Mulai Rp 155 Juta

Ilustrasi interior Toyota Vios terbaruDok. Toyota Thailand Ilustrasi interior Toyota Vios terbaru

“Ada rumors Vios stop jualan, saya rasa itu tidak benar. Sebenarnya ada beberapa hal yang enggak bisa saya sampaikan sekarang. Tapi yang pasti, apakah itu Vios, model yang sekarang atau yang baru, kita tetap akan menjual model Vios,” kata Anton, pada kesempatan yang sama.

Menurut Anton, penjualan sedan di Tanah Air mengalami sedikit perubahan setelah adanya penyesuaian skema pajak.

“Cuma memang kalau kita bandingkan volumenya dengan model non sedan, rasanya sedan masih cukup kecil persentasenya. Jadi pangsa pasar sedan itu sendiri belum bisa dikatakan pangsa pasar terbesar. Pasar terbesar masih MPV, kedua SUV, dan ketiga hatchback,” ujar Anton.

Baca juga: New Mitsubishi Xpander Cross Resmi Meluncur di GIIAS 2022

Sedan Toyota Vios jadi salah satu pilihan di IIMS 2018Kompas.com/Setyo Adi Sedan Toyota Vios jadi salah satu pilihan di IIMS 2018

Anton turut memastikan, saat ini stok Vios di pasaran masih tersedia. Konsumen yang berminat juga bisa mendatangi diler secara langsung.

“Stok Vios untuk saat ini at least masih ada. Jumlahnya saya harus cek sih. Tapi saya cek ke teman-teman diler masih ada stok,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com