Kompas.com - 12/08/2022, 09:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.comMuncul rumors kalau Toyota Indonesia akan menghentikan produksi dan penjualan Vios di Tanah Air. Hal ini seiring dengan kemunculan model terbaru Yaris Ativ atau Vios di Thailand, belum lama ini.

Kehadiran model baru Vios ini kabarnya akan langsung diadaptasi, baik itu oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), maupun PT Toyota Astra Motor (TAM).

Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN, mengatakan, produksi Vios generasi terbaru menunggu perintah dari TAM.

Baca juga: Mobil Listrik Ayla EV Hasil Kreasi Litbang Daihatsu Indonesia

Toyota Yaris Ativ alias Vios generasi terbaruDok. Toyota Thailand Toyota Yaris Ativ alias Vios generasi terbaru

Selain itu, Toyota juga memiliki kebijakan first SOP Country, yakni prioritas model yang diproduksi di sebuah negara. Misalkan, Vios itu menjadi prioritas di Thailand, sementara Innova merupakan prioritas Indonesia.

“Jadi masing-masing negara punya (prioritas). Kalau sudah berhasil, baru produksi di tempat lain,” ujar Bob, saat ditemui di ICE BSD City, Tangerang (11/8/2022).

“Karena kita kan harus prioritaskan mana yang harus diproduksi. Sehingga kita bisa tekan harga dan material. Kalau enggak efisiensi, pusing kita, naiknya 80 persen. Nanti kita tunggu TAM. Kalau produksi kan menunggu market,” kata dia.

Baca juga: 30 Mobil Baru Meluncur di GIIAS 2022

Bob juga menambahkan, minimnya kemungkinan Vios model baru bisa kembali produksi di dalam negeri bukan sebatas faktor penjualannya yang sedikit.

“Jadi mana yang kita prioritaskan. Ada model-model baru, ada yang ekspor dan lainnya. Kita prioritaskan mana yang lebih efisien. (Yang prioritas) yang domestik gede, ekspor gede, itu nomor satu. Prioritas nomor dua, domestiknya gede. Prioritas nomor tiga, ekspornya gede,” ucap Bob.

Sementara itu, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, mengatakan, pihaknya masih melanjutkan penjualan Vios untuk sekarang dan seterusnya.

Baca juga: Suzuki S-Presso Resmi Meluncur di GIIAS 2022, Dijual Mulai Rp 155 Juta

Ilustrasi interior Toyota Vios terbaruDok. Toyota Thailand Ilustrasi interior Toyota Vios terbaru

“Ada rumors Vios stop jualan, saya rasa itu tidak benar. Sebenarnya ada beberapa hal yang enggak bisa saya sampaikan sekarang. Tapi yang pasti, apakah itu Vios, model yang sekarang atau yang baru, kita tetap akan menjual model Vios,” kata Anton, pada kesempatan yang sama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.