Kompas.com - 10/08/2022, 17:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan menghadirkan kendaraan elektirifikasi pada GIIAS 2022. Salah satunya adalah Rocky Hybrid.

Dari pantauan tim Kompas.com saat persiapan pameran, Selasa (9/8/2022), Daihatsu akan memajang Rocky Hybrid berwarna biru tua atau navy tersebut.

Baca juga: Menanti Mobil Listrik KIA di GIIAS 2022

Tapi, tidak hanya mobilnya saja yang dipamerkan nantinya. Terlihat di sebelah mobil juga akan diperlihatkan mesin atau motor elektrik beserta baterainya.

Penampakan Daihatsu Rocky Hybrid pada GIIAS 2022Kompas.com/Donny Penampakan Daihatsu Rocky Hybrid pada GIIAS 2022

Terkait spesifikasinya, Rocky Hybrid dibekali mesin baru berkode WA-VEX. Mesin WA-VEX Rocky ini menggunakan basis mesin WA-VE 1.200 cc 3-silinder yang ada di Daihatsu Rocky 1.2 L.

Namun, mobil ini disematkan sistem hybrid seri dan mengusung Atkinson Cycle yang diklaim lebih efisien jika dibandingkan dengan Otto Cycle.

Baca juga: Terungkap, Daihatsu Memboyong Rocky Hybrid dan Ayla EV pada GIIAS 2022

Jadi, mesin tersebut hanya dimanfaatkan sebagai generator untuk mengisi daya baterai yang akan memutar dinamo untuk menggerakkan ban.

Penampakan Daihatsu Rocky Hybrid pada GIIAS 2022Kompas.com/Donny Penampakan Daihatsu Rocky Hybrid pada GIIAS 2022

Baterai yang digunakan berjenis Lithium-Ion Battery dan punya bobot 20,8 kilogram. Sementara untuk penyimpanan baterainya, ada di bawah kursi penumpang belakang.

Baterai Rocky Hybrid sendiri memiliki kapasitas 4,3 Ah, yang terdiri dari 24 sel dan memiliki Steady-State Voltage 177,6 V. Melihat spesifikasinya, baterai ini memiliki dimensi panjang 860 mm, lebar 369 mm, dan tinggi 185 mm.

Penampakan Daihatsu Rocky Hybrid pada GIIAS 2022Kompas.com/Donny Penampakan Daihatsu Rocky Hybrid pada GIIAS 2022

Belum diketahui kehadiran Rocky Hybrid di GIIAS 2022 ini apakah sekadar dipamerkan, tes pasar, atau untuk dipasarkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.