Mana Lebih Ganteng, Daihatsu New Sirion atau Honda Brio RS?

Kompas.com - 05/08/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan produk di segmen city car relatif sedikit di Indonesia. Tapi, beberapa di antaranya cukup membuat konsumen kesulitan untuk memilih.

Khususnya, ketika harus memilih antara New Daihatsu Sirion dan Honda Brio RS. Kedua city car ini punya desain yang sangat menarik.

Baca juga: Jajal Performa Daihatsu New Sirion Jelajahi Manado-Tomohon

Soal desain, kembali ke selera konsumen. Tapi, masing-masing mengusung konsep desain yang berbeda. Brio RS tampil lebih sporty, sedangkan New Sirion lebih agresif.

Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Daihatsu New Sirion

Honda melengkapi Brio RS dengan body kit sebagai standarnya. Lalu, bagian depan menggunakan grille yang dikelir hitam glossy, lengkap dengan logo RS di sisi kiri grille.

Sisi samping kanan dan kiri juga sudah memiliki side skirt. Lalu, bagian belakangnya juga menggunakan spoiler yang terintegrasi dengan stop lamp. Selain itu, terdapat diffuser dengan motif honeycomb untuk membuatnya lebih sporty.

Baca juga: Brio RS Urbanite Edition Resmi Jadi Mobil COC di Ajang ISSOM 2022

Sedangkan pada New Sirion, bagian depannya terlihat lebih agresif dengan penyematan lip spoiler pada bumper. Ditambah lagi bagian lampunya yang menyipit serta sudah menggunakan LED dengan leveling adjuster. Sisi sampingnya juga sudah diberikan side skirt.

All new Honda Brio RS di GIIAS 2018STANLY RAVEL All new Honda Brio RS di GIIAS 2018

Sementara untuk bagian belakang, tidak jauh berbeda dengan Brio RS. New Sirion juga dibekali spoiler. Namun, tidak ada diffuser di bumper belakang. New Sirion juga sudah dilengkapi dengan rear blackout licence plate area yang membuat kesan lebih modern.

Untuk bagian kaki-kakinya, kedua mobil ini sama-sama dibekali dengan pelek alloy berukuran 15 inci. Selain itu, peleknya juga menggunakan model dual tone.

Baca juga: Diskon City Car Awal Juli 2022, Brio RS Rp 5 Juta, Sirion Rp 17 Juta

Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Daihatsu New Sirion

Spionnya juga sama-sama sudah elektrik dan akan melipat otomatis ketika mesin dimatikan. Namun, pada wiper belakang, Brio RS belum dilengkapi dengan sensor otomatis seperti pada New Sirion.

Jika dilihat secara keseluruhan, tampilan Brio RS memang cukup sporty. Tapi, New Sirion terlihat lebih agresif pada beberapa bagian.

Baca juga: Juli 2022, Honda Kerek Harga Brio

Honda Brio RS Urbanite EditionHONDA PROSPECT MOTOR/HPM Honda Brio RS Urbanite Edition

Saat ini, Brio RS dibanderol Rp 217,1 juta (OTR Jakarta) untuk tipe manual dan Rp 227,1 juta (OTR Jakarta) untuk CVT. Sedangkan New Sirion, dipasarkan dengan harga Rp 227,6 juta (OTR Jakarta) untuk manual dan Rp 236,8 juta (OTR Jakarta) untuk CVT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.