Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Daihatsu Pilih Mesin 1.3 L pada New Sirion

Kompas.com - 23/06/2022, 08:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu New Sirion didatangkan langsung dari Malaysia secara utuh alias CBU. Mobil kota alias city car ini dibekali mesin 1.3 L dengan kode 1NR-VE.

Untuk Malaysia, New Sirion dipasarkan dengan nama Daihatsu Perodua Myvi. Mobil tersebut memiliki dua tipe mesin, yakni 1.3 L dan 1.5 L.

Baca juga: Penjualan New Sirion Diklaim Hampir Mencapai Target

Namun, New Sirion yang dipasarkan di Indonesia ini hanya dibekali dengan mesin 1.3 L, tidak ada pilihan mesin 1.5 L. Tak sedikit yang mempertanyakan mengapa hanya satu tipe mesin saja yang ditawarkan Daihatsu.

Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Daihatsu New Sirion

Dendy Triyanto, Marketing Product 1 Dept. Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, Sirion itu bermain di segmen low city car. Untuk segmen tersebut, pada umumnya mesin yang digunakan adalah 1.2 L atau 1.3 L.

"Kalau kita tingkatkan terus memang bisa, tapi secara kompetitor juga akan naik kelas. Kalau market-nya memang ke situ, kenapa tidak," ujar Dendy, saat Test Drive New Sirion, di Kota Manado, Selasa (21/6/2022).

Baca juga: Sama-sama Pakai CVT, Mana Lebih Menarik, Brio RS atau Sirion Facelift?

Dendy menambahkan, city car medium pemainnya juga cukup banyak. Bahkan, sejak ada LSUV, mulai berkurang. Tapi, low city car disebut pasarnya masih ada.

Daihatsu Sirion Facelift resmi meluncur di Indonesia, 2 Juni 2022KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sirion Facelift resmi meluncur di Indonesia, 2 Juni 2022

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan, suatu APM dalam menentukan spesifikasi, dari struktur pasar, berbeda-beda untuk setiap negara.

"Intinya adalah disesuaikan dengan struktur pasar atau segmen pasar di masing-masing negara. Nah, di low city car ini, berarti mainnya di mesin 1.3 L," kata Hendrayadi.

Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Daihatsu New Sirion

"Jadi, tidak serta merta di sana ada 1.500 cc, kita ambil juga yang 1.500 cc, tidak cocok. Dari segi ukuran dan harga, kalau kita bawa 1.500 cc ya kelebihan," ujarnya.

Daihatsu memasarkan New Sirion dengan satu mesin dan dua tipe, yakni X CVT dengan harga Rp 236,8 juta (OTR Jakarta) dan R CVT yang dibanderol Rp 227,6 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com