Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Haryanto, Pakai Bodi Skylander Buatan New Armada

Kompas.com - 04/08/2022, 19:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Haryanto baru saja mengambil satu unit bus baru dari Karoseri New Armada di Magelang, Jawa Tengah. Bodi yang dipilih PO Haryanto adalah Skylander.

Bodi bus Skylander merupakan jenis bus besar andalan Karoseri New Armada. Secara tampilan, bodi ini memang nyeleneh, punya desain yang nyentrik dengan selendang samping berukuran besar.

Perlu diketahui, PO Haryanto memilih untuk memakai bodi Skylander generasi pertama, bukan yang tahun ini diperkenalkan atau Skylander R22. Jadi tampilannya masih nyentrik dengan lampu depan yang kerap dibilang seperti menangis.

Baca juga: Komparasi Keunggulan Sasis Bus Space Frame dengan Ladder Frame?

Kabin bus AKAP baru PO HaryantoDOK. NEW ARMADA Kabin bus AKAP baru PO Haryanto

Begitu juga di bagian sampingnya, selendang dari Skylander yang pertama ini bentuknya sangat besar. Bahkan bisa dibilang seperti belahan dari jangkar yang dibalik.

PO Haryanto memilih warna hitam kombinasi dengan merah tua. Desain livery-nya pun bisa dibilang mirip dengan bus Haryanto lain, yakni ada menara kudus dan gambar wayang di belakangnya.

Stephanus Wisnu, Branch Manager Karoseri New Armada mengatakan, untuk sasisnya, PO Haryanto memilih Mercedes Benz OH 1626 yang punya bagasi tembus atau pakai space frame.

Baca juga: Kalau Data STNK Dihapus, Apakah Kendaraan Masih Bisa Registrasi Ulang?


"Untuk bagian dalam, ada toilet, audio komplet dengan dua TV, subwoofer, head unit double din, speaker, serta mic," ucap Wisnu kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Kemudian, bangku yang digunakan adalah buatan New Armada, yakni Evoseat sebanyak 26+3. Bangku yang disusun 2-2 ini juga dilengkapi dengan leg rest sehingga menambah nyaman penumpang.

"PO Haryanto minta model dengan bagasi tinggi, jadi motor bisa masuk. Selain itu posisi tangi solar juga dipindah ke tengah agar bagasi semakin lega," kata Wisnu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com