Rekayasa Wujud Fortuner Terbaru yang Terinspirasi SUV Amerika

Kompas.com - 29/07/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar rumor bahwa generasi terbaru dari Toyota Fortuner akan meluncur tahun depan. Sampai saat ini, belum terlihat adanya foto calon pengganti Fortuner yang dicoba di jalanan.

Informasinya, generasi terbaru dari SUV medium ladder frame ini akan berubah total, mulai bagian eksterior, interior, sampai ke mesin.

Ia.dsgn membuat gambar render bahwa Fortuner generasi terbaru akan memiliki tampilan layaknya SUV Toyota yang dijual di Amerika. Apalagi kalau menengok model Hilux terbaru, gayanya memang mirip dengan Toyota Tacoma yang dijual di Negeri Paman Sam.

Baca juga: Cek Kisaran Harga Fortuner Bekas yang Banyak Dicari Warga Semarang

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indonesia Automotive Design (@ia.dsgn)

 

"Render saya ini tidak berdasarkan spy-shot atau bocoran apapun, hanya sebatas imajinasi saya terhadap generasi terbaru Toyota Fortuner, yang terinspirasi dari desain SUV Amerika Toyota Sequoia," ucap Izza Abdillah, pemilik akun Ia.dsgn, kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022).

Jika dilihat, pada render buatan Izza ini punya gaya khas SUV Amerika. Misalnya dari grille depan yang superbesar sampai desain lampunya yang mirip dengan Sequoia, tetapi lebih pipih.

Selain itu, ditambah juga cladding di bagian bawah bumper depan dengan emboss tulisan 'Fortuner'. Namun, kembali lagi, ini hanya berupa render, belum tentu generasi selanjutnya dari Fortuner akan punya tampilan yang sama.

Baca juga: Toyota Siapkan Fortuner Hybrid, Versi Diesel Mau Dihapus?


Hal yang pasti, Fortuner terbaru akan disematkan mesin diesel dengan bantuan motor listrik atau hybrid. Dikutip dari Indiacarnews.com, karena memakai basis mesin 1GD, kabarnya Fortuner terbaru memakai mesin dengan nama ‘GD Hybrid’.

Fortuner hybrid ini kabarnya juga akan dibangun menggunakan platform TNGA-F. Platform tersebut akan dirancang khusus untuk mobil yang memakai sasis ladder frame, seperti pada Toyota Land Cruiser 300.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.