Pemerintah Dapat Rp 37 Triliun buat Investasi Kendaraan Listrik dari Toyota dan Mitsubishi

Kompas.com - 28/07/2022, 12:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah RI berhasil menangkap komitmen baru dari para pelaku industri otomotif skala besar asal Jepang dengan total Rp 37 triliun untuk program kendaraan bermotor berbasis listrik dalam kurun waktu hingga lima tahun ke depan.

Dana terkait, berasal dari Toyota Motor Corporation (TMC) untuk pengembangan mobil hibrida baru, dan Mitsubishi Motors Corporation (MMC), yang bakal fokus memproduksi kendaraan jenis xEV dari model Xpander dan Pajero Sport.

Langkah tersebut, sejalan dengan upaya Indonesia untuk menjadi pemain global dari era elektrifikasi kendaraan bermotor di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN, karena punya ketersediaan bahan baku kendaraan listrik berupa nikel.

Baca juga: Tambah Investasi di Indonesia, Toyota Siapkan Mobil Hybrid Baru

Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.CUTENK Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.

Selain itu, populasi Tanah Air yang mencapai 270 juta jiwa juga menjadi potensi tersendiri untuk kemajuan program percepatan kendaraan listrik. Tidak heran bila pemerintah RI menargetkan hanya akan menjual kendaraan listrik di 2050.

"Saya percaya permintaan untuk kendaraan listrik, baik pada kendaraan roda empat maupun roda dia akan terus meningkat di Indonesia dan wilayah ASEAN," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Rabu (27/7/2022).

Lebih jauh, disebutkan bila investasi tambahan yang dikucurkan TMC sebanyak Rp 27,1 triliun. Ini merupakan terusan komitmen perseroan yang sudah dilakukan sebesar Rp 14 triliun sejak 2019 untuk ekspansi bisnis dan pengembangan.

Sementara Rp 10 triliun sisanya, diberikan oleh MMC untuk pengembangan bisnis di Indonesia. Dana ini, merupakan terusan komitmen yang sudah dilakukan oleh perseroan hingga akhir 2021 sebesar Rp 11,3 triliun.

Baca juga: Mitsubishi Tambah Investasi Rp 10 Triliun di Indonesia untuk Mobil Listrik

Mitsubishi Indonesia perkenalkan produk MPV terbarunya. Otomania Mitsubishi Indonesia perkenalkan produk MPV terbarunya.

"Targetnya MMC akan menginvestasikan sekitar Rp 10 triliun mulai 2022-2025," kata Airlangga.

“Setelah 2023, MMC akan fokus memproduksi model mobil jenis xEV yang terdiri dari model Xpander dan Pajero Sport. Selain itu, MMC juga akan memproduksi dua model kendaraan baru Electric Vehicle (EV) mulai 2024,” tambahnya.

Vice Chairman TMC, Shigeru Hayakawa dalam kesempatan tersebut menyatakan dengan kucuran investasi yang besar itu, diharapkan pemerintah Indonesia semkain serius dalam menggarap era kendaraan bermotor berbasis listrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.