Kompas.com - 29/07/2022, 09:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek motor listrik lokal, Volta, memperkenalkan Volta Patriot X di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 April lalu. Saat itu motor belum meluncur menunggu uji tipe yang tengah berlangsung.

CEO Volta Iwan Suryaputra mengatakan, motor listrik bergaya street naked tersebut baru sebatas eksibisi tapi ke depan akan segera dijual kepada masyarakat. Kapan tepatnya masih menunggu hasil dari uji tipe.

Baca juga: BERITA FOTO: Elders Garage Modifikasi Vespa Klasik Jadi Motor Listrik

"Kalau ada pengunjung yang berminat kita catat. Ini akan segera kita launching tapi tanggalnya belum kita putuskan," kata Irwan saat itu yang ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Volta Patriot X dijual di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 dengan harga Rp 197 juta.KOMPAS.com/Gilang Volta Patriot X dijual di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 dengan harga Rp 197 juta.

Sempat tak ada kabar kini selang satu cawu kemudian Volta Patriot X sudah dijual di Indonesia. Motor ini muncul di pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 dan dijual dengan harga Rp 179 juta.

Sosok Patriot X muncul bukan di stand Volta melainkan di stand Smartby, yaitu dealer yang khusus menjual kendaraan listrik dari berbagai merek, mulai dari Uwinfly, Volta, Goda, Jarvis, Smoot, dan ECGO.

"Iya harganya segitu (Rp 179 juta)," kata salah satu wiraniaga Smartby yang ditemui Kompas.com, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Baca juga: ABC Lithium Sediakan Baterai Untuk Swap Energi Indonesia

Di atas kertas banderol tersebut lebih tinggi dari sebagian besar mobil LCGC. Sebagai contoh mobil Daihatsu Sigra versi paling atas yaitu Sigra 1.2 R AT DLX dibanderol Rp 174 jutaan perpajakan Jakarta.

Volta Patriot hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Volta Patriot hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Desain Patriot X cukup berotot. Lampu depan model segi enam sedikit mengingatkan bentuk KTM Duke. Kemudian kaki-kakinya kekar, supensi depan upside down. Rem depan pakai cakram model kembar, rem belakang ABS.

Sebagai motor sport Patriot X punya tangki meski dalamnya bukan lagi bensin. Tekukannya cukup manis, ditambah detail seperti rangka yang diekspos, dan shrouds di bagian samping.

Joknya model double seater tapi pendek. Pelek belakangnya model bintang dengan lenyang ayun tunggal menjadi aksen tersendiri. Sekilas mirip dengan pelek-pelek yang dipakai di MV Agusta.

Baca juga: Swap Energi Indonesia Targetkan 1.500 Titik Swap Baterai

Volta Patriot hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Volta Patriot hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Pelek depan belakang ukuran 17 inci, ban depan profil 120/70 dan belakang 180/50 sehingga terlihat besar.

Rincian teknisnya menggunakan motor listrik berdaya 7000 watt yang mampu membawa motor hingga kecepatan 140 kpj. Disokong baterai berdaya 72 V 100 Ah.

Motor listriknya jenis mid drive dan penyalur daya ke roda belakang pakai sabuk atau belt. Sebagai pemanis, bagian belakangnya pakai sepatbor model gantung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.