Kompas.com - 27/07/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik NIU Gova 03 jadi salah satu unit yang dipamerkan NIU di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. 

Dengan harga Rp 25,8 jutaan, pembeli mendapatkan motor yang sudah dilengkapi sejumlah fitur yang canggih dan menarik.

Motor ini sendiri bisa diaktifkan dengan kunci ataupun hanya dengan remote, layaknya kendaraan roda empat.

Baca juga: Cek Skema Kredit Motor Listrik NIU Gova 03, Angsuran Mulai Rp 900.000

Beberapa fitur yang ada pada motor listrik mungil ini, di antaranya adalah fitur mode pembatas kecepatan. Dengan fitur ini, kecepatan motor bisa dibatasi sesuai dengan kebutuhan.

Dua mode pada motor tersebut, ialah touring dan sport. Pada mode touring, kecepatan sepeda motor dibatasi hanya sampai 45 kpj. Sehingga jika tuas gas ditarik hingga penuh, kecepatan motor tidak akan melebihi kecepatan yang sudah diatur.

Sedangkan untuk mode sport, batas kecepatannya lebih tinggi lagi yaitu 65 kpj. Mode-mode ini bisa diaktifkan hanya dengan menekan tombol switch pada motor.

Dari sisi keamanan, motor ini sudah dilengkapi dengan immobilizer. Ada alarm khusus anti-maling yang aktif jika motor mengalami guncangan saat kasar saat motor dalam kondisi terkunci.

Ilustrasi motor listrik NIU Gova 03KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi motor listrik NIU Gova 03

Baca juga: Mazda 2 Sedan Resmi Meluncur, Dijual Mulai Rp 338 Juta

Selain alarm, motor juga tidak bisa digerakkan maju ataupun mundur setelah mengalami guncangan kasar tersebut. Roda akan terkunci sampai pemilik kendaraan menekan tombol unlock pada kunci motor.

Panel indikator pada motor ini juga tidak seperti motor konvensional pada umumnya, namun sudah menggunakan layar elektronik.

Motor listrik NIU Gova 03 di PEVS 2022KOMPAS.com/Serafina Ophelia Motor listrik NIU Gova 03 di PEVS 2022

Baca juga: Boleh atau Tidak Nitrogen Dicampur Angin Biasa?

Saat motor sedang tidak digunakan, pengguna bisa mengaktifkan MCB (miniature circuit breaker) atau sekring pemutus di area bagasi motor. Sehingga, motor tidak akan bisa diaktifkan.

Untuk pengisian daya, charging dari nol hingga baterai penuh memakan waktu hingga kurang lebih 6 jam. Watt yang dibutuhkan adalah sekitar 1.300 watt. Sedangkan jarak tempuh motor mencapai 90 km.

Baca juga: Sedan Mewah Bergaya Retro yang Dipakai Jokowi di Beijing, Harganya Rp 12 M

Sebagai informasi, motor ini bisa dibeli di booth NIU di JIExpo selama masa pameran PEVS 2022 berlangsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.